Padang (ANTARA) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim akan membuka Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVII 2022 yang akan digelar Kamis pagi di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat, kata Sekretaris POMNAS 2022 Asep Sujaya Wahyuri dalam jumpa pers di Padang, Rabu.

"Untuk penutupan nanti pada tanggal 26 November akan ditutup oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali," tambah Asep.

POMNAS 2022 akan digelar mulai 17 November 2022.

Asep mengatakan seluruh panitia sudah menjadwalkan pertandingan pada 14 cabang olahraga yang digelar di tiga kampus di Kota Padang, yakni Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas dan Politeknik ATI Padang.

"Khusus untuk cabang futsal pria digelar di Lapangan Rafhely Padang yang berada di luar kampus," kata Asep.

Baca juga: Menpora: POMNas 2022 momentum gairahkan sport tourism Sumatera Barat

Usai pembukaan langsung digelar dua cabang olahraga yakni futsal dan bola basket, lalu dilanjutkan dengan pertandingan lain keesokan harinya.

Asep menyatakan tuan rumah telah mempersiapkan diri menggelar POMNAS 2022 sejak setahun lalu. Usai ditunjuknya Sumatera Barat, panitia dan  sejumlah perguruan tinggi sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam menyiapkan semua hal.

Menurut Asep, kendala saat ini adalah faktor cuaca Padang yang masuk musim penghujan, padahal ada dua cabang olahraga yang bertanding di luar ruangan, yakni panjat tebing dan atletik.

"Selain itu kita khawatirkan cuaca membuat penerbangan terganggu dan kontingen mengalami delay, selain itu frekuensi penerbangan ke Sumbar juga terbatas. Ini yang menjadi kekhawatiran saat ini," kata dia.

PONMAS 2022 akan mengompetisikan 14 cabang olahraga, meliputi bulu tangkis, panjat tebing, pentaque, tenis, sepak takraw, pencak silat, atletik, pentaque, tenis, bola voli, basket, futsal, tarung derajat, karate dan taekwondo.

Baca juga: Sumatera Barat terpilih sebagai tuan rumah POMNAS XVII

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022