Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara) menjalin kerja sama ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) di sejumlah bidang, termasuk lingkungan dan teknologi bersih.

"Kerja sama ini bertujuan melakukan kegiatan riset kolaboratif dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Kepala Pusat Riset Lingkungan dan Teknologi Bersih (PRLTB) Organisasi Riset Hayati dan Lingkungan BRIN Sasa Sofyan Munawar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Kerja sama PRLTB BRIN dan Ubhara dikukuhkan melalui penandatangan perjanjian kerja sama antara kedua pihak, yang mana bidang kerja sama pengembangan iptek meliputi kimia, lingkungan, industri, perminyakan dan teknologi bersih untuk meningkatkan potensi sumber daya guna mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Dalam melaksanakan kegiatannya, PRLTB melakukan kegiatan riset antara lain manajemen dan penilaian lingkungan, penilaian lingkungan untuk optimalisasi pemanfaatan ruang dan sumber daya yang berkelanjutan.

Kemudian, riset tentang pencegahan pencemaran dan pemanfaatan pencemar seperti kajian dan teknologi untuk mencegah pencemaran dan pemanfaatan pencemar dari sektor industri dan domestik, dan material berpotensi limbah menjadi produk bernilai tinggi dan bermanfaat, nanoteknologi dan nanomaterial hijau untuk perlindungan lingkungan.

PRLTB juga melakukan penelitian terkait pengendalian pencemaran dan pemantauan kualitas lingkungan seperti teknologi untuk pengolahan air bersih, air minum, air limbah (industri dan domestik), pengelolaan sampah, pengelolaan limbah padat dan B3, pengendalian pencemaran udara, polusi laut, pengurangan emisi gas rumah kaca, dan pemantauan kualitas udara.

Sasa menuturkan PRLTB juga mengadakan riset tentang pemulihan kualitas lingkungan teknologi pemulihan kualitas perairan, lahan tercemar, dan lahan kritis bekas tambang.

Dekan Fakultas Teknik Ubhara Ismaniah berharap, kerja sama tersebut dapat memberikan wawasan keilmuan dan pengalaman kepada mahasiswa Ubhara di bidang aktivitas ilmiah serta membantu menyelesaikan permasalahan lingkungan yang ada di tengah masyarakat.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022