IKL venue melibatkan pengecekan kualitas air bersih, sarana sanitasi seperti toilet dan tempat sampah, ruang P3K, sistem tanggap darurat tribun, pencahayaan, kebisingan, kesehatan makanan yang dijual di sekitar venue hingga kelayakan resapan air
Tangerang (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Provinsi Banten melakukan Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) venue Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten 2022 untuk pengawasan berdasarkan standar, norma dan baku mutu yang berlaku untuk meningkatkan kualitas lingkungan yang sehat.

Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kota Tangerang, dr Indri Bevy di Tangerang, Jumat mengatakan IKL venue merupakan langkah untuk melakukan pemeriksaan dan pengamatan secara langsung ke seluruh venue yang tersedia.

“Dinkes telah bergerak sekitar satu minggu terakhir ini. Sejauh ini, sudah sekitar 28 venue ditinjau oleh tim khusus Dinas Kesehatan," katanya.

Tidak ketinggalan, kata dia, IKL juga dilakukan pada hotel di Kota Tangerang untuk menjamin kenyamanan, kebersihan dan kesehatan hotel untuk para atlet maupun tamu acara sepanjang ajang  Porprov VI Banten berlangsung.

Ia menjelaskan, IKL venue melibatkan pengecekan kualitas air bersih, sarana sanitasi seperti toilet dan tempat sampah, ruang P3K, sistem tanggap darurat tribun, pencahayaan, kebisingan, kesehatan makanan yang dijual di sekitar venue hingga kelayakan resapan air.

“Hasilnya, beberapa venue cukup memenuhi syarat namun dengan catatan. Seperti halnya, masih harus menambah sarana prasarana cuci tangan dan tempat sampah atau perlengkapan penanda pada lokasi di venue,” katanya.

Tim Dinkes telah membuat berita acara terkait apa yang kurang atau perlu ditambah. Dalam prosesnya, Dinkes pun akan melakukan pendampingan untuk memaksimalkan venue yang lebih berstandar kesehatan lingkungannya.

“IKL venue ini, diharapkan dapat memberikan keamanan, kebersihan dan kenyamanan para atlet, tamu, maupun penonton Porprov VI Banten,” katanya.

IKL dari Dinkes akan dilanjutkan dengan inspeksi kesehatan catering yang terlibat dalam Porprov VI Banten untuk memastikan makanan minuman atau asupan yang dikonsumsi atlet dan lainnya dalam kondisi aman dan sehat sesuai standar, demikian Indri Bevy.

Baca juga: Jelang Porprov Banten 2022, 11 GOR di Kota Tangerang akan direnovasi

Baca juga: Pemkot Tangerang menggunakan aplikasi pembukaan pendaftaran Porprov

Baca juga: Dispora-NPC Banten diminta bersinergi dalam fasilitasi olahraga disabilitas

Baca juga: Banten menjadi juara umum Kota Olahraga Tradisional

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022