Jakarta (ANTARA) - Anggota Dewan Negara China dan Menteri Luar Negeri Wang Yi bertemu di Thailand pada Jumat (18/11) dengan Menteri Luar Negeri Peru Cesar Landa di sela-sela Pertemuan Pemimpin Ekonomi Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik ke-29.

Menyebut kesuksesan penyelenggaraan Kongres Nasional Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) ke-20 memiliki signifikansi yang besar, Landa mengungkapkan bahwa terpilihnya Presiden China Xi Jinping sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral CPC akan membawa China mencapai pembangunan yang lebih stabil dan berjangka lebih panjang.

Seraya menuturkan bahwa China merupakan mitra penting bagi Peru, Landa mengatakan persahabatan tradisional antara kedua negara memiliki dasar yang mendalam dari opini publik, dan kerja sama praktis keduanya telah membuahkan berbagai hasil bermanfaat.

Peru dengan tegas mematuhi kebijakan Satu China dan siap memperdalam kerja sama dengan China di berbagai bidang, serta terus memperkaya konten kemitraan strategis komprehensif kedua negara, tambahnya.

Kepada Landa, Wang menjelaskan tentang pencapaian besar dan signifikansi luas dari Kongres Nasional CPC ke-20, dan mengungkapkan bahwa dengan dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Xi, rakyat China akan secara komprehensif memajukan peremajaan besar bangsa China dengan modernisasi China dalam perjalanan baru menuju negara sosialis modern dalam segala bidang.

China siap untuk terus saling mendukung dengan Peru dalam isu-isu yang menyangkut kepentingan inti mereka, memperkuat sinergi strategi pembangunan mereka, memperluas kerja sama praktis, memperdalam kerja sama di bawah Forum China-CELAC (Komunitas Negara-Negara Amerika Latin dan Karibia) dan mekanisme lainnya, mempromosikan pengembangan yang lebih besar bagi hubungan China-Peru dan China-Amerika Latin, serta bersama-sama membangun komunitas dengan masa depan bersama.

Pewarta: Xinhua
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022