Denpasar (ANTARA) -
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bali Inspektur Jenderal Polisi Putu Jayan Danu Putra menyebutkan bahwa kesuksesan dalam rangka pengamanan puncak perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pada 15-16 November menjadi momentum yang mengangkat citra Polri di mata internasional.

“Keberhasilan dalam pengamanan KTT G20 menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Polda Bali, serta menjadi momentum untuk mengangkat citra Polri tidak hanya secara nasional, tetapi juga internasional,” kata Kapolda Bali Putu Jayan saat memimpin apel Konsolidasi Ops Puri Agung 2022 di Denpasar, Bali, Senin.

Dia mengatakan keberhasilan penyelenggaraan KTT G20 di Nusa Dua, Badung tersebut tidak terlepas dari faktor pengamanan yang dilakukan oleh personel Polda Bali dengan menggelar operasi kepolisian dengan sandi “Operasi Puri Agung 2022” yang tergabung dalam Satuan Pengamanan Wilayah Bali.

Baca juga: Deklarasi Bali, "Khittah" KTT G20, dan gosip digital

Operasi yang digelar tanggal 8-20 November 2022 itu melibatkan ribuan personel Polri dan sinergitas dengan TNI, serta stakeholder terkait lainnya.

Dalam laporannya sebagai Kasatgas Pamwil Bali saat memimpin apel Konsolidasi Ops Puri Agung 2022, di Mako Polda Bali, Senin Putu Jayan mengatakan Polda Bali telah berhasil mengamankan 44 rangkaian kegiatan side event dan main event KTT G20 sampai puncaknya pada 15-16 November 2022.
 
“Saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras, sinergitas, dan keterpaduan yang terkelola dengan baik, mulai dari unsur pimpinan hingga para pelaksana di lapangan. Saya melihat rekan-rekan semua bekerja dengan semangat dan penuh tanggung jawab sehingga kita bisa mewujudkan harapan Presiden RI Joko Widodo dalam penyelenggaraan pengamanan rangkaian kegiatan G20,” kata dia.
 
Putu Jayan mengatakan selesainya pengamanan KTT G20 bukan berarti tugas Polda Bali telah selesai, melainkan ke depannya masih banyak tugas pengamanan yang akan dilaksanakan disamping tugas rutin pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat yang membutuhkan sinergitas dan dedikasi dari semua personel Polda Bali.

“Untuk itu, saya mengajak rekan-rekan sekalian untuk tetap semangat dalam melaksanakan tugas ke depan. Tetap menjaga kondisi kesehatan apalagi mengingat situasi Bali saat ini yang berada pada musim hujan,” kata Kapolda Bali.
 
Selain itu, Kapolda Bali Putu Jayan juga menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada masyarakat Bali yang telah membantu dan mendukung penyelenggaraan KTT G20 sehingga ajang internasional tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar.
 
Sementara itu, pada Minggu 20/11/2022 halaman Polda Bali dipenuhi dengan karangan bunga berisi ucapan terima kasih kepada TNI-Polri atas kinerja mengamankan rangkaian kegiatan G20 yang kali ini digelar di Bali. Puluhan karangan bunga dari berbagai instansi dan perorangan terlihat memenuhi halaman depan Mako Polda Bali dengan berbagai ukuran.

 
Baca juga: Telkom sukses dukung pelaksanaan G20 Indonesia 2022
Baca juga: BPIP sebut KTT G20 momentum bangun demokrasi dan perkuat kebangsaan
Baca juga: Airlangga: KTT APEC 2022 adopsi penuh Deklarasi Pemimpin G20 Bali

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022