Industrialisasi ke depan harus menjawab kebutuhan lifestyle baru, yang sustainable, smart, and functional
Jakarta (ANTARA) - Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan reindustrialisasi akan menjadi kunci penting transformasi ekonomi Indonesia pascapandemi COVID-19.

Menurut dia, sebagaimana dalam acara puncak Indonesia Development Forum (IDF) 2022 yang dipantau di Jakarta, Senin, seiring dengan membaiknya perekonomian nasional, peningkatan share industri pengolahan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) juga menjadi prioritas.

“Industrialisasi ke depan harus menjawab kebutuhan lifestyle baru, yang sustainable, smart, and functional. Konsumen-konsumen kita semakin pandai, semakin smart, maunya affordable dan canggih. Dengan demikian, juga model-model bisnis akan berubah, permintaan tenaga kerja berubah dan demikian juga cara pembiayaan juga berubah,” ujar Menteri Suharso

Pihaknya mengajak para pemangku kepentingan untuk menyusun kembali strategi ke depan dalam rangka reindustrialisasi untuk mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Bappenas: IDF 2022 bakal perkuat efektivitas pembangunan industri

“Kementerian PPN/Bappenas ingin mengajak pemangku kepentingan untuk mari kita berpikir kembali, menyusun kembali strategi kita ke depan, dalam rangka reindustrialisasi, menempatkan industri dalam peta Indonesia, makro Indonesia, untuk percepatan pembangunan, untuk kesejahteraan,” ujar Menteri Suharso.

Adapun, salah satu upaya yang sudah dilakukan oleh Bappenas yakni penyelenggaraan IDF 2022, yang mana forum ini untuk menampung ide/gagasan dan masukan dari akademisi, praktisi industri, asosiasi, pemerintah dan para pemangku kepentingan industri lainnya.

Forum ini diharapkan dapat memperkuat dan meningkatkan efektivitas kebijakan pembangunan industri, sehingga mampu mendorong transformasi sosial dan ekonomi Indonesia sebagai upaya mewujudkan visi menjadi negara maju, adil, dan sejahtera.

Selain itu forum ini juga penting untuk proses penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) di masa mendatang, yang mana akan mengedepankan pembangunan sektor industri dalam transisi menuju negara maju.

Dalam acara puncak IDF pada 21-22 November 2022 Bappenas meluncurkan dokumen Rencana Induk Pengembangan Industri Digital Indonesia 2023-2045 dan Peta Jalan Pengembangan Ekosistem Industri Kedirgantaraan 2022-2045.

Baca juga: IDF 2022 jaring strategi transformasi ekonomi Indonesia untuk 2045
 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022