Singapura (ANTARA) - Dolar melemah di sesi Asia pada Selasa sore, menyusul reli semalam yang membuat investor berbondong-bondong ke mata uang safe-haven di tengah kekhawatiran atas gejolak COVID China, meskipun sentimen risiko yang hati-hati membuat greenback tetap didukung.

Serangan baru penghindaran risiko telah membebani terutama pada mata uang Antipodean - sering digunakan sebagai proksi likuid untuk yuan China - dengan Aussie meluncur hampir 1,0 persen semalam. Dolar Australia memulihkan beberapa kerugian pada Selasa, naik 0,14 persen menjadi 0,6615 dolar AS.

Kiwi bertahan 0,36 persen lebih tinggi pada 0,6122 dolar AS, setelah jatuh lebih dari 0,8 persen semalam.

Ibu kota China memperingatkan pada Senin (21/11/2022) bahwa pihaknya menghadapi ujian paling parah dari pandemi COVID-19, dengan lonjakan kasus COVID yang memicu langkah-langkah pembatasan baru. Kematian akibat virus juga tercatat di Beijing untuk pertama kalinya sejak akhir Mei.

Yuan di luar negeri naik 0,3 persen menjadi 7,1574 per dolar di perdagangan Asia, setelah jatuh lebih dari 0,7 persen semalam.

"Situasi di China memburuk. Tampaknya memang ada beberapa ... peningkatan pembatasan pergerakan orang, dan saya pikir akan ada dampak ekonomi yang tak terhindarkan," kata Kepala Ekonomi Internasional dan Berkelanjutan Commonwealth Bank of Australia, Joseph Capurso.

Baca juga: Dolar sedikit menguat, dipicu pembelian defensif akibat COVID China

"Apa yang terjadi di China akan menjadi pusat perhatian."

Demikian pula, euro naik 0,12 persen pada 1,0253 dolar, setelah kerugian semalam 0,8 persen, sementara sterling naik 0,25 persen menjadi 1,1845 dolar, sebagian membalikkan penurunan 0,6 persen semalam.

"Itu bisa saja fase konsolidasi setelah kenaikan yang cukup besar kemarin," kata Capurso mengenai dolar AS.

Yen Jepang terakhir diperdagangkan 0,2 persen lebih tinggi pada 141,79 per dolar, setelah merosot lebih dari 1,0 persen ke sisi yang lebih lemah dari 142 per dolar di sesi sebelumnya.

"Keingintahuannya adalah bagaimana Jepang juga telah menunjukkan kepekaan yang besar ... jika ada, kesimpulannya adalah bahwa daya tarik safe haven Jepang sudah tidak ada lagi," kata Ahli Strategi Mata Uang National Australia Bank, Rodrigo Catril, mengacu pada yen.

"Ini lebih seperti gabus di lautan, tunduk pada penghindaran risiko serta pergerakan dalam imbal hasil obligasi pemerintah 10-tahun."

Imbal hasil obligasi pemerintah AS di sebagian besar yang jatuh tempo sedikit lebih tinggi semalam, karena investor terus menilai ulang ekspektasi seberapa tinggi Federal Reserve (Fed) akan menaikkan suku bunga ketika berupaya menurunkan inflasi dari mendekati level tertinggi 40 tahun.

Imbal hasil obligasi pemerintah 10-tahun yang dijadikan acuan menambah kenaikan marjinal semalam, dan terakhir berdiri di 3,8212 persen.

Baca juga: Yuan melemah 3 hari beruntun, merosot 165 basis poin

Indeks dolar AS turun 0,08 persen menjadi 107,68. Indeks telah naik mendekati 0,8 persen semalam, kenaikan harian terbesar sejak 3 November.

Pidato dari pembicara The Fed pada Senin (21/11/2022) memberikan beberapa kejutan, dengan Presiden TheFed Cleveland, Loretta Mester, mengatakan bank sentral dapat menurunkan kenaikan suku bunga ke yang lebih kecil mulai bulan depan.

Presiden The Fed San Francisco, Mary Daly, mengatakan dampak riil dunia dari kenaikan suku bunga kemungkinan lebih besar dari target suku bunga jangka pendeknya.

"Komentar Fed tetap sejalan dengan retorika baru-baru ini," kata ekonom di ING dalam sebuah catatan.

Di pasar uang kripto, pemberi pinjaman uang kripto Genesis adalah korban terbaru yang menjadi sorotan setelah runtuhnya bursa kripto FTX.

Genesis mengatakan pada Senin (21/11/2022) tidak memiliki rencana untuk mengajukan kebangkrutan dalam waktu dekat, meskipun Bloomberg News melaporkan, mengutip sumber, bahwa Genesis sedang berjuang untuk mengumpulkan uang tunai baru buat unit pinjamannya, dan memperingatkan investor bahwa mungkin perlu mengajukan kebangkrutan jika tidak menemukan pendanaan.

Bitcoin terakhir 0,12 persen lebih tinggi pada 15.785 dolar AS, sementara ether kehilangan 0,71 persen menjadi 1.097,70 dolar AS.

Baca juga: Regulator AS sebut gejolak uang kripto menggarisbawahi risiko industri
Baca juga: Survei: Investor tetap optimistis di tengah jatuhnya aset kripto


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022