Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko mengingatkan seluruh jajaran camat dan lurah untuk membudayakan menanam pohon di wilayah.

"Saya arahkan jajaran camat dan lurah untuk melakukan penanaman terhadap titik wilayah yang dianggap bisa memungkinkan untuk ditanam pohon supaya udara bagus kemudian rindang," kata Yani di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Pemkot Jaksel tanam ratusan pohon produktif di Mampang

Hal tersebut sesuai dengan instruksi Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono kepada seluruh wali kota untuk menanam pohon guna mencegah banjir dan menyegarkan udara.

Yani mengakui sejauh ini program penanaman pohon sudah berjalan di beberapa kecamatan, namun gerakan tersebut belum optimal.

Dia meminta seluruh jajaran kelurahan dan kecamatan aktif mencari lahan milik pemerintah untuk ditanami pohon pelindung ataupun pohon produktif.

"Pohon produktif selain bisa membuat suasana, hasilnya pun bisa dimanfaatkan oleh warga. Saya harap penanaman pohon ini terus dijalankan," ujar Yani.

Sebelumnya, Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat telah menyiapkan 500 pohon produktif untuk ditanami di setiap kecamatan.

"Kita siapkan 500 bibit jambu jamaika, jambu kristal dan cabai," kata Kepala Suku KPKP Jakarta Barat, Novy Palit saat dihubungi di Jakarta, Kamis (10/11).

Bibit pohon tersebut akan disalurkan sesuai dengan permintaan jajaran kecamatan dan kelurahan. Sejauh ini, beberapa kecamatan sudah meminta pohon tersebut untuk ditanami di wilayah.

Baca juga: Pemkot Jakbar gandeng PKL tanam dan rawat pohon di jalan Mangga Besar

Salah satu kecamatan yang telah menanam pohon dari Sudin KPKP, yakni wilayah Kembangan. Tercatat sekitar 100 pohon produktif di tanam di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Gajah Tunggal, Kembangan Utara.

Ragam pohon produktif yang ditanam di antaranya 40 bibit mangga, 30 bibit rambutan dan 30 bibit jambu Jamaika.

Setelah ditanam, pihak Pemkot menyerahkan perawatan pohon produktif itu kepada warga setempat agar buahnya bisa dinikmati secara langsung.

"Bisa digunakan sebagai penambah kebutuhan ekonomi juga seperti dijual ataupun dikonsumsi secara langsung," kata Camat Kembangan, Jakarta Barat, Joko Suparno saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Selain itu, Kecamatan Taman Sari juga ikut serta menanamkan pohon pelindung di sepanjang jalan Jalan Mangga Besar Raya.

Tercatat ada 85 pohon pelindung yang ditanam disepanjang jalan tersebut. Pihaknya juga menggandeng para Pedagang Kaki Lima (PKL) setempat untuk ikut menanam dan merawat pepohonan tersebut.

Baca juga: Pemkot Jakbar tanam 2.500 pohon untuk cegah longsor di Kalideres

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022