Semarang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengirimkan bantuan senilai Rp1,87 miliar untuk korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Pengiriman bantuan dalam bentuk uang tunai dan barang yang berasal dari berbagai unsur mulai pemerintah, lembaga dan instansi terkait, BUMD, badan usaha swasta hingga dunia usaha itu dilepas oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di halaman kantor Gubernur Jateng, Semarang, Kamis.

Dari total bantuan Rp1,87 miliar tersebut, sebesar Rp1,48 miliar dibelanjakan barang seperti bahan makanan, paket sembako, pakaian, perlengkapan pribadi, dan bayi, serta berbagai keperluan di pengungsian, dan uang tunai sebesar Rp387 juta.

“Urusan kemanusiaan siapa pun bisa bergerak dan berkontribusi. Kolaborasi ini selalu dicoba untuk membantu saudara kita dimanapun yang terkena musibah, khususnya ini Cianjur,” kata Ganjar usai melepas tim sukarelawan dan bantuan ke Cianjur.

Orang nomor satu di Pemprov Jateng itu menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya pada seluruh komponen masyarakat di Jawa Tengah yang membantu, termasuk kekompakan daerah yang juga mengirimkan bantuannya.

“Tadi Solo ada tim dokternya, terus Demak ada tim rescue-nya, Kabupaten Semarang ada, Pramuka ikut hadir terus kemudian Boyolali umpama kasih satu mobil cold storage membawa sayuran segar agar kemudian ini bisa manfaat,” ujarnya.

Kepada para sukarelawan gabungan yang diberangkatkan hari ini, Ganjar berpesan khusus agar menjaga soliditas tim sehingga setibanya di lokasi dapat fokus membantu dan tidak membebani.

“Tidak ngrepoti, makanan untuk tim harus diurus sendiri, kesehatan untuk tim diurus sendiri, kalau perlu tidak ada perumahan ya golek dewe, buat tenda sendiri sehingga datang ke sana betul-betul sebagai satu tim yang solid untuk bisa membantu masyarakat yang ada di Cianjur,” tegasnya.

Di sisi lain, Ganjar juga berpesan pada sukarelawan untuk membantu pendampingan, khususnya pendataan kebutuhan yang belum terpenuhi seperti hunian sementara sehingga jika dibutuhkan, maka Jateng siap untuk mengirimkan bantuan lagi.

“Tapi seandainya sudah cukup ya kami akan backup’lah,” katanya.

Dirinya berharap dengan dikirimnya bantuan tersebut akan meringankan bagi korban bencana gempa bumi di Cianjur.

“Saya senang kawan-kawan dengan semangat kegembiraannya mereka membantu masyarakatnya tentu saja mudah-mudahan warga yang ada di Cianjur diberikan kekuatan dan kemudian bantuan ini bermanfaat,” ujarnya.***3***

Baca juga: Menteri ESDM salurkan bantuan ke warga terdampak gempa Cianjur
Baca juga: MUI ajak masyarakat perkuat solidaritas bantu korban gempa Cianjur

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022