Banjarmasin (ANTARA) - Para rider dunia melakukan gelar latihan resmi di kejuaraan motor trail bertaraf internasional "Uncle Hard Enduro" 2022 di Kiram Park Kabupaten Banjar, Kalsel Jumat.

Di antara rider dunia yang menjajal lintasan adalah mantan juara dunia Graham Jarvis dari Inggris dan Teodor Kabachiev dari Bulgaria untuk kejuaraan yang dimulai pada 25 hingga 27 November 2022.

Graham Jarvis yang pernah mengikuti Uncle Hard Enduro Kalsel ke-1 pada 2019 mengaku lintasan Uncle Hard Enduro ke-2 lebih menantang.

Namun, kata dia, lintasan lomba kali ini lebih pendek dari gelar Uncle Hard Enduro ke-1, sehingga baginya lebih mudah untuk menaklukkan rintangan.

"Tapi saya senang kembali hadir di Uncle Hard Enduro Kalsel ini," ujarnya.

Sementara itu, Teodor Kabachiev yang baru pertama mengikuti Uncle Hard Enduro Kalsel menyatakan sangat tertantang dengan lintasan pertandingan di wilayah objek wisata alam Kiram Park ini.

Menurut dia, yang menjadi tantangan dari yang pernah dialaminya di lintasan kejuaraan motor trail dunia di beberapa negara, di Kiram Park, Kalsel Indonesia ini memiliki struktur tanah yang lembab.

Baca juga: 14 rider kelas dunia sudah datang ikuti Uncle Hard Enduro Kalsel
Baca juga: Menpora dukung "Uncle Hard Enduro 2022" di Kalimantan Selatan


"Terlalu lembab dengan bebatuan, hingga sulit dilalui," tuturnya.

Demikian juga, kata Teodor, cuaca agak panas.

Bahkan Teodor mengaku baru pertama kali ada jembatan terbang yang langsung naik ke gunung, cuma ada di Uncle Hard Enduro Kalsel.

Menurut Ketua Panitia Uncle Hard Enduro Kalsel, Waluyo, para rider internasional, nasional dan lokal mulai melakukan latihan resmi dan uji coba motor pada hari ini.

Pertandingan resmi, lanjut dia, di mulai pada Sabtu (26/11/2022), mulai dari pelepasan kelas adventure yang diikuti seribu lebih rider, kemudian disambung untuk kelas internasional, nasional dan lokal.

"Kejuaraan ini gratis ditonton, jadi silahkan datang, namun tetap tertib dan mengikuti aturan panitia," ujarnya.

Untuk Sabtu malamnya, semua akan dihibur konser Iwan Fals di lokasi pertandingan Uncle Hard Enduro.
Para rider internasional yang mengikuti Uncle Hard Enduro 2022 di Kiram Park Kabupaten Banjar, Kalsel, Jumat (25/11/2022). ANTARA/HO)

Pewarta: Sukarli
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022