kita seleksi dulu untuk mengetahui minat
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Jakarta Barat menggelar pelatihan fotografi kepada anak-anak muda  sepanjang tahun 2022 agar bisa menjadi fotografer profesional.

"Kita latih 50 anak muda di bidang fotografi agar dapat menjadi modal mendapatkan pekerjaan atau membuka usaha sebagai fotografer profesional," kata Kepala Sudin Parekraf Jakbar, Sonti Pangaribuan saat ditemui di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Senin.

Sonti menjelaskan sebagian dari 50 orang yang ikut pelatihan fotografi merupakan anggota dari JakTrainer binaan Sudin Parekraf Jakarta Barat. Sisanya  warga biasa hingga anggota komunitas fotografi di wilayah Jakarta Barat.

"Mereka yang mendaftar kita seleksi dulu untuk mengetahui minat. Kalau memang tertarik dengan dunia fotografi kita langsung masukan," jelas Sonti.

Dalam pelatihan tersebut, Sonti mengundang praktisi fotografi untuk mengajari para peserta terkait dasar-dasar teknis dalam mengambil foto maupun video.

Selain itu, para peserta juga diajak ke beberapa tempat wisata di Jakarta Barat untuk mengambil foto ataupun video yang menarik.

Setelah proses pelatihan selesai, para peserta pelatihan fotografer yang tergabung dalam JakTrainer diarahkan untuk mengembangkan usahanya hingga mendapatkan fasilitas modal usaha.

Menurut Sonti, selain membantu warga mendapatkan lapangan pekerjaan, program ini juga dapat membantu pihaknya mempromosikan tempat wisata di Jakarta Barat.

Upaya promosi tersebut dengan cara mengunggah foto dan video tempat wisata ke media sosial sehingga masyarakat bisa mengetahui hal tersebut.

Bahkan tidak jarang pihaknya mengadakan pameran berbagai macam foto tempat wisata hasil karya para peserta pelatihan.

Sonti pun menyatakan seluruh peserta merasa puas dengan kegiatan pelatihan yang dibuat Sudin Parekraf Jakbar.

Maka dari itu, tidak menutup kemungkinan Sonti beserta jajarannya akan kembali menggelar kegiatan serupa di 2023 mendatang.

Sonti berharap kegiatan tersebut dapat memberi manfaat untuk memperkecil angka pengangguran sekaligus mempromosikan ragam tempat wisata di Jakarta Barat.
Baca juga: Pemkot Jakbar gelar bimtek fotografi untuk pacu pemasaran produk UMKM
Baca juga: JIPFest edisi kedua resmi dibuka hari ini di Kota Tua Jakarta
Baca juga: Hari ini, pameran seni dan fotografi

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022