Salah satu pembinaan yang cukup berhasil dilakukan  pokdarwis kecamatan adalah kawasan pecinan Taman Sari, Jakarta Barat
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Barat memberdayakan warga yang tergabung ke dalam kelompok sadar wisata (pokdarwis) untuk mendorong pengembangan pariwisata di setiap kecamatan.

"Kita kan punya delapan anggota pokdarwis yang tersebar di masing-masing kecamatan. Mereka itu kita berdayakan," kata Kepala Sudin Parekraf Jakarta Barat, Sonti Pangaribuan.

Sonti mengatakan pihaknya mengandalkan pokdarwis lantaran warga paling mengetahui lokasi unik di wilayah yang layak dijadikan sebagai obyek wisata.

"Obyek wisata pun bukan hanya tempat, melainkan restoran legendaris, tempat pembuatan kerajinan tangan, hingga tempat membeli oleh-oleh," ucap Sonti.

Jika satu obyek wisata di setiap kecamatan sudah ditemukan, maka anggota Pokdarwis di wilayah bertugas untuk mengembangkan lokasi wisata tersebut.

"Tentu dengan bimbingan dan pemantauan dari kami," kata Sonti.

Salah satu pembinaan yang cukup berhasil dilakukan  pokdarwis kecamatan adalah kawasan pecinan Taman Sari, Jakarta Barat.

Sonti menilai pecinan Taman Sari kini sudah menjelma menjadi lokasi wisata tersendiri yang dapat dinikmati para pengunjung. Nilai sejarah dan ragam kuliner tersaji di sepanjang jalan kawasan itu.

"Dampaknya pun juga dirasakan oleh masyarakat yang berdagang di lokasi. Pendapat ekonomi bertambah dan tempat wisata menjadi lebih ikonik," kata dia.

Dia berharap potensi wisata di wilayah kecamatan lain dapat dikelola dengan baik sehingga wilayah Jakarta Barat mempunyai ragam destinasi unik bagi para wisatawan.
Baca juga: Warga Taman Sari galang bantuan untuk korban gempa di Cianjur
Baca juga: Pemkot Jakbar targetkan penataan kawasan Taman Sari rampung akhir 2022
Baca juga: Pemkot Jakbar gandeng PKL tanam dan rawat pohon di jalan Mangga Besar

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022