semua kelurahan diwajibkan membuat program penataan kawasan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menggencarkan penataan taman di setiap kelurahan Kecamatan Cilandak untuk penghijauan serta estetika kawasan.

"Sesuai arahan Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bahwa semua kelurahan diwajibkan membuat program penataan kawasan berupa penataan taman dan jalan, penataan pedagang kaki lima hingga penghijauan di gang," kata Camat Cilandak Djaharuddin saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Djaharuddin menuturkan saat ini pihaknya lebih berfokus membenahi taman wilayahnya agar bisa digunakan ruang untuk interaksi antarwarga.

Kegiatan penataan taman ini dimulai dari memperbaiki sarana dan prasarana, mengecat ulang fasilitas publik, menambah tanaman ataupun pohon dan membenahi area pejalan kaki agar warga bisa nyaman mengunjungi taman.

Baca juga: Pemkot Jaksel tambah taman guna tata kawasan di Kebayoran Lama

Kelurahan di Kecamatan Cilandak yang melakukan penataan taman sebagai ruang terbuka hijau (RTH) antara lain Cilandak Barat dan Cipete Selatan.

Sedangkan untuk Kelurahan Pondok Labu dan Lebak Bulus melakukan penataan gang untuk dipercantik dan warga bisa mudah melewati jalan tersebut.

Lalu, untuk Gandaria Selatan dilakukan penataan jalan dengan mengecat ulang dan pemasangan paving untuk memudahkan mobilitas warga.

Harapan Djaharuddin, dengan adanya penataan kawasan ini seluruh fasilitas, sarana dan prasarana umum dapat dinikmati masyarakat.

Baca juga: Pemkot Jakbar targetkan penataan kawasan Taman Sari rampung akhir 2022

Selain itu, penataan tata letak kawasan ini bertujuan meningkatkan kualitas infrastruktur dan hunian melalui penataan ulang pada tata letak fasilitas publik dan jalan.

Dia mengatakan proses penataan kawasan hampir selesai dan dipastikan rampung sebelum mendekati target yang ditentukan yakni akhir 2022.

“Kita tiap tiga bulan sekali menentukan satu titik tiap kelurahan untuk lokasi penataan agar merata,” katanya.

Djaharuddin belum merinci anggaran untuk penataan taman itu, termasuk sumbernya karena tergantung jenis penataan yang dilakukan setiap kelurahan.

“Bisa juga tidak menggunakan anggaran, namun dukungan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait,” katanya. 

Dengan demikian, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menggencarkan penataan kawasan di wilayahnya, sehingga diharapkan kuatnya kerja sama pihak terkait di daerah itu.

Baca juga: Jakarta Selatan gencarkan penataan taman sepanjang 2022

Dengan harapan akhir tahun ini penataan kawasan tuntas 100 persen demi terciptanya kondisi pelayanan maksimal bagi warga.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022