Tangerang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang, Banten, mengirimkan sejumlah tim medis dan obat-obatan untuk membantu para korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Ketua Tim Relawan PMI Kabupaten Tangerang dr Zainal Muttaqin di Tangerang, Kamis, mengatakan bahwa tim medis beranggotakan perawat dan dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Banten ini dikirimkan untuk penanganan dampak bencana alam yang terjadi di Kabupaten Cianjur.

Baca juga: PMI siagakan 150 relawan hingga enam bulan ke depan

"Sejak peristiwa gempa melanda wilayah Kabupaten Cianjur pekan lalu. PMI Kabupaten Tangerang telah mengirimkan tim medis dan obat-obatan untuk membantu para korban," katanya.

Ia mengatakan, tim relawan kemanusiaan ini direncanakan berada di lokasi kebencanaan di Cianjur selama beberapa pekan untuk memberikan bantuan kesehatan kepada para korban.

Selain itu, tim medis yang dikirimkan ini juga akan bergerak bersama para relawan ke lokasi yang belum terjamah bantuan.

Baca juga: PMI percepat distribusi bantuan untuk penyintas gempa di Cianjur

"Pada hari ini kita bergerak bersama tim medis serta membawa obat-obatan, baju baru untuk semua umur dan paket sembako," ujarnya.

Ia juga menyebutkan, selama operasi kemanusiaan itu tenaga kesehatan dari PMI Kabupaten Tangerang diperintahkan untuk menggelar pengobatan gratis terhadap para korban dan membagikan pakaian baru, tas sekolah, dan paket sembako.

Kemudian, lanjut dia, PMI Kabupaten Tangerang juga telah menerima donasi yang harus diserahkan kepada masyarakat Cianjur yang terdampak gempa.

Baca juga: PMI pasang seratus tandon air di pengungsian dan perkampungan

"Salah satu kecamatan yang masih belum terjangkau bantuan adalah Kecamatan Cugenang, PMI Kabupaten Tangerang akan menggelar pengobatan gratis di lokasi tersebut," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022