Pihaknya ingin meniru di Provinsi DKI Jakarta terkait adanya asuransi untuk pepohonan ini
Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berencana mengasuransikan pepohonan yang berada di pinggiran jalan protokol di kota itu, selain untuk menjaga kelestarian lingkungan, juga jaminan keselamatan apabila ada yang terdampak pohon tumbang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin Alive Yoesfah Love di Banjarmasin, Jumat, menjelaskan bahwa rencana mengasuransikan pepohonan ini untuk menjaganya tetap lestari.

"Demikian juga misalnya, ini yang terburuk, pohon itu roboh dan menimpa orang, asuransi bisa menjamin segala perawatan korban dan sebagainya," katanya.

Alive mengatakan, pihaknya ingin meniru di Provinsi DKI Jakarta terkait adanya asuransi untuk pepohonan ini.

"Makanya kita masih menggali informasinya ini, bagaimana sistemnya," katanya dan menambahkan termasuk perusahaan atau badan asuransi mana yang bisa melakukan hal dimaksud.

Menurut dia, pepohonan di Kota Banjarmasin, khususnya di pinggiran jalan protokol sudah banyak sehingga pengawasan pun dilakukan intensif.

"Apalagi saat ini cuaca cukup ekstrem hujan disertai angin kencang, petugas kita setiap malam melakukan pengecekan pepohonan, khususnya yang berpotensi tumbang," katanya.

Secara bersamana , katanya, dilakukan pendataan pepohonan yang merupakan aset pemerintah kota atau yang ditanam pemerintah kota.

"Ini sedang kita rinci  data pepohonan, dari jenis, usianya dan lainnya," katanya.

Dia mengakui sering terjadi pohon tumbang di kota ini, karena disadari tanah di Kota Banjarmasin berstruktur rawa.

Namun penghijauan kota harus terus dilakukan untuk memenuhi syarat 30 persen dari luas wilayah kota sebagai ruang terbuka hijau, demikian Alive Yoesfah Love.

Baca juga: Pergub 24/2021 beri kepastian perlindungan pohon di Jakarta

Baca juga: Pemkot Banjarmasin tanam 450 pohon di Hari Bumi

Baca juga: Mobil tertimpa pohon tumbang bisa diajukan klaim asuransi

Baca juga: Banjarmasin buat kebun pelestarian tanaman khas

Pewarta: Sukarli
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022