Layanan rumah singgah pasien kami hadirkan melalui Program Shelter Sehati untuk membantu masyarakat dari berbagai daerah di NTT yang datang berobat di Kota Kupang namun tidak memiliki tempat tinggal
Kupang (ANTARA) - Lembaga nirlaba Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Nusa Tenggara Timur (NTT) menyediakan rumah singgah pasien bagi warga kurang mampu di NTT yang menjalani pengobatan penyakit di Kota Kupang.

"Layanan rumah singgah pasien kami hadirkan melalui Program Shelter Sehati untuk membantu masyarakat dari berbagai daerah di NTT yang datang berobat di Kota Kupang namun tidak memiliki tempat tinggal," kata Koordinator Program Shelter Sehati LKC Dompet Dhuafa NTT, Aji Suksin ketika dihubungi di Kupang, Senin.

Ia mengatakan layanan rumah singgah pasien untuk menjawab kebutuhan tempat tinggal sementara bagi pasien atau keluarga yang menjalani rujukan dari kabupaten-kabupaten ke Kota Kupang maupun ke luar NTT melalui Kota Kupang.

Layanan ini, kata dia diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu untuk mengatasi kesulitan biaya untuk tempat tinggal sementara.

Aji menjelaskan dalam pelaksanaan layanan ini juga menerapkan aturan atau syarat tertentu dan dapat dimanfaatkan melalui persetujuan atau rekomendasi dari tim RDK LKC Dompet Dhuafa.

"Hal ini dilakukan agar program ini ini betul-betul diperuntukkan bagi saudara-saudara kita yang kurang mampu (dhuafa) yang sedang menjalani pengobatan," katanya.

Ia menambahkan Program Shelter Sehati ini bukan hanya menyediakan fasilitas rumah singgah pasien saja namun Dompet Dhuafa juga mengisi beberapa program pengembangan spiritual dan emosional kepada sang pasien dan kepada keluarga pasien yang menjaga atau mendampingi pasien.

Pihaknya berharap kehadiran program ini dapat memberikan manfaat yang dirasakan langsung masyarakat kurang mampu sehingga bisa menjalani masa pengobatan dengan tenang dan lancar.

Dompet Dhuafa NTT juga siap bekerja sama dengan lembaga atau stakeholder lain untuk pengembangan program tersebut ke depan agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat, demikian Aji Suksin.

Baca juga: Program Kawasan Sehat Dompet Dhuafa tangani stunting Kabupaten Kupang

Baca juga: DMC Dompet Dhuafa evakuasi dan sisir lokasi banjir di Adonara NTT

Baca juga: Dompet Dhuafa-Resto Brotus bantu empat panti asuhan di Kupang-NTT

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022