Moskow (ANTARA) - Dunia seharusnya bersifat multipolar, tetapi Amerika Serikat (AS) berupaya menghambat pembangunan negara-negara lain demi mempertahankan hegemoninya, ujar Ketua Duma Negara Rusia Vyacheslav Volodin pada Senin (5/12).

Washington dan sekutu Baratnya menggunakan berbagai metode, seperti menjatuhkan sanksi ilegal, memeras, mengintimidasi, dan mengobarkan konflik, dalam upaya untuk menghancurkan nilai-nilai tradisional, sejarah, budaya, dan agama negara lainnya, kata Volodin dalam sidang pleno Majelis Parlemen Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (Collective Security Treaty Organization's Parliamentary Assembly/CSTO PA) ke-15 yang digelar di Moskow.

Dia menyatakan bahwa AS dan sekutu Baratnya terbiasa mencampuri urusan internal negara-negara lain dan menggerogoti perekonomian mereka.

Volodin, yang juga ketua CSTO PA, menekankan bahwa dalam menghadapi beragam tantangan dan ancaman, negara-negara anggota CSTO harus menemukan solusi bersama untuk memastikan keamanan informasi, memerangi terorisme, dan melindungi nilai-nilai tradisional.

Dibentuk pada 1992, CSTO terdiri dari enam bekas republik Soviet dengan tujuan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Eurasia. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022