Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan
Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan lima kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan yang dapat disertai petir dengan angin kencang pada Rabu dan Kamis (7-8/12), sehingga semua pihak diminta waspada terhadap dampaknya.

"Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Selasa.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalkan dampaknya ke masyarakat.

Lima kabupaten yang berpotensi hujan tersebut adalah Kabupaten Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Ia merinci untuk Kabupaten Berau pada Kamis dini hari diprakirakan terjadi pada tujuh kecamatan, yakni Tanjung Redeb, Tabalar, Biatan, Gunung Tabur, Sambaliung, Talisayan, dan Kecamatan Teluk Bayur.

Di Kabupaten Kutai Barat, pada Rabu sekitar pukul 11.00 Wita di Kecamatan Penyinggahan, sekitar pukul 23.00 Wita di empat kecamatan, yakni Bentian Besar, Long Iram, Linggang Bigung dan Siluq Ngurai.

Baca juga: BMKG prakirakan lima kabupaten di Kaltim hujan petir Selasa-Rabu

Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara, pada Rabu sekitar pukul 11.00 Wita di Kecamatan Muara Muntai dan Muara Wis, pada Kamis dini hari di Kecamatan Tabang, Kembang Janggut, dan Kecamatan Tenggarong Seberang.

Kabupaten Kutai Timur pada Rabu sekitar pukul 11.00 Wita di Kecamatan Muara Wahau dan Busang, pada Kamis dini hari diprakirakan terjadi di Kecamatan Muara Ancalong, sementara kecamatan lainnya hujan ringan.

Untuk Kabupaten Mahakam Ulu, pada Rabu sekitar pukul 20.00 Wita di Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai, sekitar pukul 23.00 Wita di Kecamatan Long Hubung.

"Kemudian pada Kamis dini hari di Kecamatan Laham, Kamis sekitar pukul 05.00 Wita di Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai, dan Kamis sekitar pukul 08.00 Wita, hujan ringan diprakirakan terjadi di semua kecamatan di Mahakam Ulu," kata Carolina.

Baca juga: BMKG prakirakan sembilan wilayah di Kaltim hujan pada Sabtu-Minggu

Baca juga: BMKG prakirakan enam kabupaten di Kaltim hujan petir Minggu-Senin

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022