Makassar (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Luwu Muhammad Saleh menginstruksikan kepada BPBD dan Perum Bulog menyiapkan dapur umum untuk membantu korban dan tim SAR Gabungan di lokasi bencana tanah longsor di Jalan Poros Desa Bonglo, Bastem Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

"Kami tetap meminta bantuan semua pihak, baik BPBD maupun Bulog untuk bisa membuat dapur umum serta menyalurkan beras cadangan pemerintah ke sekitar lokasi bencana," ujar bupati saat dikonfirmasi wartawan di Makassar, Selasa.

Tim gabungan terus membersihkan material tanah longsor yang menutupi akses jalan sekitar 100 meter dengan empat alat berat, serta melakukan upaya pencarian korban.

Baca juga: Bertambah, Tim SAR temukan lagi korban tewas akibat longsor di Luwu

"Kemarin pencarian dan pembersihan material longsor sempat terhenti, karena hujan lebat. Kita khawatir terjadi longsor susulan. Semoga hari ini korban berhasil dievakuasi, dan yang dikabarkan hilang dapat ditemukan," katanya.

Walaupun akses jalan tersebut terputus, ia menyatakan tidak ada warga yang terisolasi. Sebab, akses jalan tersebut hanya menuju jalur Kabupaten Tana Toraja. Selain itu, masih ada jalan alternatif yang bisa dilalui pengendara.

Dari data BPBD Sulsel, untuk proses penanganan usai bencana sebanyak empat alat berat diturunkan untuk membersihkan material tanah sekaligus mencari korban lainnya dan sebanyak 14 unit motor dan satu unit mobil telah di evakuasi.

Data alutsista digunakan dalam membantu operasi SAR, yakni dua unit buldoser dan satu ekskavator milik Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan (BBWS) Jeneberang, tiga ambulans, empat set alat dapur, empat set tenda milik Tekbek Kodim Palopo dan satu unit tenda keluarga dari BPBD Luwu.

Perkembangan data jumlah korban dalam musibah tersebut, sebanyak 15 orang, lima orang dinyatakan meninggal dunia tertimbun tanah longsor setelah satu korban ditemukan, dan 10 orang selamat. Korban selamat lima orang sudah dipulangkan dari rumah sakit dan puskesmas, lima lainnya masih dirawat.

Baca juga: Tim SAR Gabungan lanjutkan pencarian korban longsor di Bastem Luwu

Baca juga: Basarnas Makassar kirim personil evakuasi korban longsor di Luwu

Baca juga: BPBD Sulsel: Empat tewas akibat tertimbun tanah longsor di Luwu


Kondisi terkini, akses jalan dan mobilisasi warga Kecamatan Bastem Utara terputus total dan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat. Masih berpotensi longsor susulan, karena cuaca di wilayah setempat masih sering terjadi hujan.

Sebelumnya, bencana longsor terjadi di Desa Bonglo, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu pada Senin, 26 Februari 2024, pukul 09.40 Wita dan menyebabkan tertutupnya akses jalan serta korban jiwa dan material.
 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024