Awalnya di Bantaran Kali Sentiong menjadi lokasi tumpukan sampah dan bangunan liar
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) melakukan penataan wilayah menjadi kawasan unggulan di Jalan Pulo, bantaran Kali Sentiong, Kelurahan Tanah Tinggi.

Pelaksana tugas (Plt) Lurah Tanah Tinggi Ferry Zahrudin mengatakan selama ini kawasan tersebut menjadi lokasi tumpukan sampah sehingga terlihat tidak terurus.

"Awalnya di Bantaran Kali Sentiong menjadi lokasi tumpukan sampah dan bangunan liar," ujar Ferry Zahrudin di Jakarta, Rabu.

Ferry mengungkapkan pemilihan wilayah tersebut dalam penataan wilayah agar mengubah pemikiran tempat kumuh menjadi lingkungan yang asri dan hijau.

"Kita benahi dengan memperbaiki kanstin dan turap, ditanami tanaman hias, serta tanaman produktif," ungkapnya.

Dalam hal ini, ia juga mengatakan penataan wilayah di kawasan tersebut sudah hampir selesai.

"Penataan sampai saat ini sudah mencapai 90 persen," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan (Kasie Ekbang) Kelurahan Tanah Tinggi Sadiah menerangkan penataan ini disambut baik oleh masyarakat, sehingga akan dilakukan secara berkelanjutan di sepanjang jalan tersebut.

"Disini warga sekitar setuju dan yang melintas senang wilayahnya ditata, pelan-pelan akan kita tata kawasan ini. Mudah-mudahan bisa terlaksana sehingga lebih asri, indah, dan lebih bagus," kata Sadiah.

Sadiah melanjutkan untuk perawatan akan melibatkan masyarakat sekitar, sehingga wilayah tersebut dapat terus terjaga keindahannya.

"Karena ada tanaman produktif, nantinya tanaman tersebut akan bermanfaat juga untuk warga seperti tanaman mangga atau lengkeng, jambu air, dan lainnya," ucapnya.

Sementara itu, Warga Tanah Tinggi Zuhri mengaku senang dengan penataan ini karena terlihat rapi dan enak dipandang mata.

"Tadinya, kawasan ini tidak beraturan sekarang menjadi rapih. Insya Allah masyarakat akan ikut merawat dan menjaga," imbuh Zuhri.
Baca juga: Pemkot Jaksel tambah taman dan jalur hijau di Pesanggrahan
Baca juga: Penataan kawasan Slipi capai 60 persen
Baca juga: Pemkot Jaksel tata kawasan di delapan lokasi Kecamatan Setiabudi

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022