Singapura (ANTARA) - Harga minyak berjangka sedikit berubah di Asia pada Rabu sore, karena harapan peningkatan permintaan China mengimbangi ketidakpastian tentang bagaimana pembatasan Barat pada harga minyak Rusia akan terjadi, membuat pasar gelisah setelah penurunan tajam di sesi sebelumnya.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik tipis tiga sen atau 0,04 persen, menjadi diperdagangkan di 79,38 dolar AS per barel pada pukul 07.17 GMT, setelah jatuh di bawah 80 dolar AS untuk kedua kalinya pada 2022 selama sesi perdagangan sebelumnya.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS sebagian besar diperdagangkan bergerak menyamping, dan turun 9 sen atau 0,12 persen menjadi 74,16 dolar AS per barel.

Kemerosotan Brent pada Selasa (6/12/2022) merupakan penurunan harian terbesar sejak akhir September, yang telah diperdagangkan dalam kisaran 62 dolar AS tahun ini.

Baca juga: Harga minyak dibuka bervariasi di Asia, Brent naik dan WTI turun

Ekspektasi meningkatnya permintaan China terus menjadi pendorong positif, karena negara itu mencatat lebih sedikit infeksi COVID-19 baru untuk hari kedua berturut-turut dan mengumumkan perubahan besar-besaran dalam kebijakan anti-virusnya yang keras.

Otoritas kesehatan nasional China mengatakan pada Rabu bahwa kasus COVID-19 tanpa gejala dan mereka yang memiliki gejala ringan dapat dikarantina di rumah, sebagai tanda terkuat sejauh ini bahwa China sedang mempersiapkan warganya untuk hidup bersama penyakit tersebut.

"China telah (telah) dengan cepat melonggarkan pembatasan COVID-19, yang dapat meningkatkan permintaan," kata Analis Pasar Leon Li di CMC Markets dalam sebuah catatan.

Pembukaan kembali dapat melihat dorongan 1,0 persen untuk permintaan minyak global, kata ANZ dalam catatan klien.

Baca juga: Minyak naik setelah pembatasan harga minyak Rusia dan pertemuan OPEC+

Data sebelumnya pada Rabu menunjukkan impor minyak mentah China pada November naik 12 persen dari tahun sebelumnya ke level tertinggi dalam 10 bulan, karena perusahaan mengisi kembali stok dengan minyak yang lebih murah dan saat pabrik-pabrik baru memulai produksi.

Potensi penarikan stok minyak mentah AS sekitar 6,4 juta barel, menurut angka API, juga memberikan beberapa dukungan sentimen di sisi pasokan.

Namun ketidakpastian tentang bagaimana batasan harga minyak Rusia akan berdampak pada pasokan berkontribusi pada volatilitas. Rusia sedang mempertimbangkan tiga opsi, termasuk melarang penjualan minyak ke beberapa negara dan menetapkan diskon maksimum untuk menjual minyak mentahnya, untuk melawan batasan harga yang diberlakukan oleh kekuatan Barat, harian Vedomosti melaporkan pada Rabu.

Baca juga: Rusia pertimbangkan 3 opsi, lawan pembatasan harga minyak oleh Barat

"Masih banyak ketidakpastian di pasar hari ini," kata Wakil Presiden Senior Rystad Energy, Claudio Galimberti, menambahkan produksi minyak mentah di Rusia mungkin tidak turun sebanyak yang diperkirakan sebelumnya.

Beberapa kelemahan dikaitkan dengan greenback yang lebih kuat, setelah menguat dari sesi sebelumnya, dan aktivitas hati-hati di pasar saham Asia.

Indeks-indeks acuan Wall Street juga jatuh pada Selasa (6/12/2022) di tengah ketidakpastian seputar arah kenaikan suku bunga Federal Reserve dan pembicaraan lebih lanjut tentang resesi yang menjulang. Ketakutan tersebut dipicu oleh data ekonomi yang kuat atau sinyal hawkish dari pembuat kebijakan lainnya.

Harga minyak telah turun lebih dari 1,0 persen selama tiga sesi berturut-turut, menyerahkan sebagian besar keuntungan mereka untuk tahun ini. Beberapa optimisme tetap ada bahwa pembeli dapat kembali jika pasar turun di tengah struktur harga contango, di mana harga berjangka lebih tinggi dari harga spot.

"Pedagang energi tidak percaya diri membeli saat penurunan, tetapi mereka akan melakukannya jika aksi jual saat ini mengirim harga (minyak mentah AS) mendekati level yang mungkin Pemerintah Biden mungkin mengisi ulang SPR, yang berada di wilayah 70 dolar AS," kata Analis Pasar Senior OANDA, Edward Moya, dalam catatan klien mengacu pada Cadangan Minyak Strategis AS.

Baca juga: API: Persediaan minyak mentah Amerika Serikat turun 6,4 juta barel

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022