Depok (ANTARA) - Dosen Departemen Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Aditya Perdana, menyatakan saat ini pencalonan presiden masih akan terus memiliki dinamika politik yang tinggi.

"Para aktor kunci dan penting yaitu Pak Jokowi, Bu Mega, Pak Surya Paloh dan para ketum parpol di Senayan masih terus melakukan pendekatan dan silaturahmi politik untuk memperkuat proses pencalonan presiden di tahun depan," kata Aditya Perdana di Depok, Rabu.

Aditya Perdana yang juga Direktur Eksekutif Algoritma lebih lanjut mengatakan Prabowo Subianto sebagai Ketum Gerindra yang dapat dengan mudah memobilisasi dukungan terhadap dirinya sebagai capres atau calon lain.

Sama halnya dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang juga dapat melakukan hal yang sama dalam kapasitas sebagai Ketum Partai Demokrat untuk memobilisasi kadernya untuk mendukung capres pilihannya.

Sedangkan untuk Jokowi, kata Aditya, tentu akan menempatkan forum relawan ataupun KIB dalam diskursus pencalonan presiden mendatang dalam kerangka "kendaraan politik" lainnya. Meskipun, di lain kesempatan tentu Jokowi merasa perlu dan patuh juga dari keputusan partai utama pendukungnya yaitu PDIP terkait calon presiden.

Presiden Jokowi memberikan pernyataan resmi dalam forum relawan pendukung Jokowi dalam Pilpres terkait dukungan beliau dalam Pilpres 2024 seperti apa. Dalam forum itu, Presiden Jokowi memberikan sinyal dan pernyataan yang jelas kepada Capres yang mampu melanjutkan agenda pemerintahannya saat ini.

Secara khusus, yang menghebohkan adalah adanya simbol dukungan kepada Capres berambut putih, yang kemudian diasosiasikan kepada Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah yang tengah populer di semua hasil survei nasional belakangan ini.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022