Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan bantuan dalam bentuk uang tunai kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa barat, sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban bencana alam yang terjadi di daerah itu.

"Kemarin sudah kita serahkan bantuan untuk para korban gempa bumi sebesar Rp1 miliar, secara simbolis kita titipkan kepada Sekretaris Daerah Cianjur Cecep Alamsyah di Pendopo Kantor Bupati Cianjur," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Kamis.

Menurut dia, bantuan itu merupakan bentuk kepedulian sesama masyarakat Indonesia, meskipun belum saling mengenal masyarakat secara keseluruhan, terbukti solidaritas atas nama bangsa yang senasib seperjuangan berhasil menggerakkan tangan orang lain untuk turut mengulurkan bantuan.

"Kehadiran kami beserta rombongan adalah untuk menyampaikan rasa peduli kami sebagai sesama warga bangsa, meskipun jarak memisahkan tapi hati masyarakat Bangka Belitung turut merasakan keprihatinan yang mendalam atas apa yang menimpa warga Cianjur," kata Ridwan.

Ia berharap bantuan yang telah diserahkan ini dapat bermanfaat untuk percepatan pemulihan agar masyarakat Cianjur segera kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan Kepala Pelaksana BPBD Mikron Antariksa, Kepala Badan Keuangan Daerah M.Haris AR, serta didampingi Kepala Badan Penghubung Benny Helmi.

Kepala Badan Keuangan Daerah provinsi Babel M. Haris AR mengatakan penyerahan bantuan yang disalurkan itu bersumber dari dana belanja tidak terduga (BTT) Pemprov Babel.

"Proses administrasi sudah selesai kita lakukan. Setelah penyerahan secara simbolis maksimal dalam dua hari ke depan akan dilakukan proses transfer langsung ke rekening kas daerah Kabupaten Cianjur," katanya.

Usai seremoni penyerahan bantuan, Penjabat Gubernur Ridwan beserta jajaran meninjau lokasi terdampak bencana serta menyampaikan keprihatinan secara langsung kepada masyarakat di Dusun Cibulakan, Cigenang.

Saat bertemu dengan warga dan para relawan di lokasi itu, mereka menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemprov Babel atas empati dan simpati yang telah diberikan.

Sekda Kabupaten Cianjur Cecep Alamsyah mengucapkan terima kasih atas dukungan dan sumbangsih Pemprov Babel dalam meringankan beban masyarakat terdampak bencana tersebut.

"Saat ini kami sedang menghadapi situasi yang sulit, kehadiran dan bantuan yang disampaikan Pemprov Babel sangat berarti dan tentunya membesarkan hati kami warga Cianjur," kata Cecep.

Baca juga: PMI buka layanan cukur rambut gratis untuk penyintas gempa Cianjur
Baca juga: Pemkab Cianjur terima donasi Rp14 miliar dari berbagai kalangan

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022