satu hari ini akan dipulangkan terlebih dahulu
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memulangkan sebagian karyawan setelah gudang penyimpanan barang di lantai lima kantor di Jalan H.R. Rasuna Said No.Kav. 6-7 RT.16/4, Setiabudi, Jakarta Selatan itu terbakar.

"Semuanya disuruh keluar dan untuk sementara mungkin dalam satu hari ini akan dipulangkan terlebih dahulu yang bekerja di Gedung Sentra Mulia," kata Koordinator Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kemenkumham Tubagus Erif Faturrahman saat ditemui di Jakarta, Kamis.

Tubagus menuturkan pihaknya memastikan para pegawai dalam kondisi aman dan tidak ada yang menjadi korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Namun, menurut dia, ada salah satu pegawai yang terluka, saat pertama kali berupaya memecahkan kaca untuk menyelamatkan diri dan memadamkan api kebakaran.

Baca juga: Gudang lantai lima Kemenkumham terbakar

Hingga pukul 14.05 WIB tampak sejumlah pegawai mengendarai motor keluar meninggalkan kantor Kemenkumham.

Tiga mobil pemadam kebakaran beserta petugas masih berada di sekitar area gedung memastikan tidak ada pegawai yang perlu dievakuasi serta adanya penjalaran api kembali.

Api membakar gudang penyimpanan barang milik negara (BMN) kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pada Kamis pagi mulai pukul 10.40 WIB.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan Sugeng Wiyono menyebutkan penyebab kebakaran diduga korsleting listrik.

Baca juga: Ruko bekas Holywings Tanjung Duren Jakarta Barat terbakar

"Penyebab sementara diduga korsleting listrik dan tidak ada kendala saat evakuasi karena menggunakan sumber air dari gedung," kata Sugeng.

Sugeng menyebutkan operasi pemadaman dimulai pukul 11.15 WIB dan pada sekitar pukul 13.05 WIB masih dalam proses pendinginan.

Pihak Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) mengerahkan sebanyak 26 unit dan 130 personel yang berasal dari Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan mengerahkan 19 unit mobil dan 115 personel pemadaman kebakaran.

Baca juga: Tiga rumah warga terbakar akibat korsleting listrik di Cakung

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022