dengan anggaran tersebut kita bisa berbuat lebih banyak untuk para penyandang disabilitas
Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat menyebutkan anggaran bantuan untuk penyandang disabilitas pada tahun 2023 naik menjadi hampir Rp400 juta dari tahun 2022 sekitar Rp137 juta.

Pejabat Fungsional Layanan Penyandang Disabilitas Dinas Sosial Kota Mataram Zulfa Nur Azizah di Mataram, Kamis, mengatakan kenaikan anggaran untuk penyandang disabilitas itu untuk pemberian bantuan bagi penyandang disabilitas yang tidak terakomodasi program pemerintah pusat.

"Alokasi anggaran Rp400 juta dari APBD Kota Mataram itu khusus untuk layanan peningkatan nutrisi dan kesehatan penyandang disabilitas," katanya.

Sedangkan untuk program pelatihan dan edukasi, seperti tahun-tahun sebelumnya tidak ada lagi. "Aturannya sudah beda, jadi untuk program di Dinsos fokus ke nutrisi dan kesehatan bagi penyandang disabilitas," katanya.

Lebih jauh Zulfa mengatakan tingginya kenaikan alokasi anggaran untuk layanan penyandang disabilitas tersebut, sebagai upaya Pemerintah Kota Mataram mencapai target standar pelayanan minimal (SPM) 100 persen.

Baca juga: Dinsos Mataram turun salurkan bansos BBM dari pintu ke pintu

Baca juga: Dinsos Mataram mulai distribusi bansos BBM ke 23.200 KPM


"Insya Allah, dengan anggaran tersebut kita bisa berbuat lebih banyak untuk para penyandang disabilitas," katanya.

Menurutnya, jumlah penyandang disabilitas di Mataram saat ini tercatat 1.383 orang namun yang masuk menjadi sasaran PKH sekitar 200 orang. Jadi masih banyak yang belum terakomodasi," katanya.

Di sisi lain, untuk tahun 2022 program pemberian bantuan berupa peningkatan nutrisi dan kesehatan bagi penyandang disabilitas sudah dilaksanakan dalam dua tahap.

Pada tahap pertama dilaksanakan di semester pertama dengan memberikan paket bantuan sembako bagi penyandang disabilitas dengan total anggaran Rp49 juta. Selanjutnya, program serupa juga sudah dilaksanakan pada Senin (5/12) atau semester kedua.

"Untuk semester kedua ini jumlah sasaran lebih banyak yakni sebanyak 400 penyandang disabilitas, dengan total anggaran Rp88 juta. Selain sembako, kita juga berikan 40 paket seragam untuk mereka yang masih sekolah," katanya.

Baca juga: Dinsos Mataram coret ratusan calon penerima bansos BBM

Baca juga: Dinsos Mataram evaluasi serapan BPNT


 

Pewarta: Nirkomala
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022