Jakarta (ANTARA) -
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Firman Shantyabudi menyatakan jajarannya terus berupaya untuk memberikan kenyamanan berlalu lintas bagi masyarakat selama libur Hari Raya Natal dan tahun baru.

"Kami akan berusaha untuk menyiapkan perjalanan yang nyaman tanpa hambatan dan akan terus menyosialisasikan informasi-informasi seputar lalu lintas ataupun keselamatan kepada seluruh masyarakat," kata Firman dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Hal itu juga disampaikan Firman saat menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Operasi Lilin Tahun 2022 untuk Menghadapi Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Ia menegaskan untuk memastikan kenyamanan itu, seluruh jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda se-Indonesia akan ditugaskan untuk melaksanakan pengamanan dan pelayanan pada Natal dan tahun baru 2023.

Dalam hal tersebut, Korlantas Polri akan terus berkoordinasi untuk menciptakan kelancaran, keamanan, kenyamanan, dan ketertiban bagi masyarakat.

Firman menambahkan rakor digelar untuk menyatukan pemahaman dan informasi terkait pelaksanaan pengamanan serta pelayanan saat libur Natal dan tahun baru.

Pihaknya juga telah mendapatkan informasi dan terus mengecek lokasi yang digunakan pada saat kegiatan keagamaan, mulai tempat ibadah hingga lokasi pariwisata. Pihaknya menyiapkan ruas jalan tol maupun arteri sedemikian rupa untuk kenyamanan perjalanan.

"Kami juga mengadakan sosialisasi yang terus disampaikan ke masyarakat sehingga mereka bisa menerima informasi secara berkala," katanya.

Sebelumnya, Korlantas Polri beserta pemangku kepentingan melakukan pengecekan kesiapan pos Operasi Lilin 2022 jelang libur Natal dan tahun baru, yaknj di Pos Lantas Cikopo, Jawa Barat, Pos Terpadu Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Pos Polisi Karanglo Malang, Jawa Timur, pada 28-29 November 2022.

Selain itu, pengecekan di Pos Gadog, Jawa Barat, pada 5 Desember 2022, rest area KM 68 Serang dan Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni, Banten, pada 7 Desember 2022.

Pewarta: Fauzi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2022