Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan menghadiri EU-ASEAN Commemorative Summit di Brussel, Belgia, pada Rabu (14/12), kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Jakarta, Jumat.

"Iya," kata Bey.

EU-ASEAN Commemorative Summit merupakan KTT pertama antara para pemimpin Uni Eropa (EU) dan negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk menandai 45 tahun hubungan diplomatik kedua organisasi pemerintahan tersebut.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel dan Ketua ASEAN 2022 Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen diagendakan memimpin bersama dalam KTT EU-ASEAN di Brussel.

KTT tersebut merupakan kesempatan untuk menegaskan kembali komitmen EU dan negara-negara anggotanya terhadap kemitraan strategis EU-ASEAN.

Selain itu, KTT tersebut juga akan menawarkan forum politik bagi EU dan ASEAN untuk menunjukkan komitmen bersama terhadap tatanan internasional berbasis aturan, penghormatan terhadap hukum internasional, dan promosi multilateralisme yang efektif. Para pemimpin diharapkan mengeluarkan pernyataan bersama di akhir KTT.

Sementara itu, Jumat, Jokowi masih menggelar acara rangkaian prosesi pernikahan putra ketiganya, Kaseang Pangarep, dengan Erina Gudono di Surakarta, Jawa Tengah, dan Yogyakarta, hingga Minggu (12/12).

Baca juga: Kanada tekankan komitmen terhadap ASEAN dan Indo-Pasifik
Baca juga: Presiden Jokowi dukung koneksi pembayaran di ASEAN diperluas ke global

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022