Paris (ANTARA) - Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez akan bertemu lagi di Spanyol pada 19 Januari, demikian pernyataan Macron dalam sebuah tweet pada Jumat menyusul pertemuan sembilan negara Mediterania di Kota Alicante, Spanyol.

Pengumuman pertemuan itu merupakan tanda adanya hubungan yang lebih akrab menyusul beberapa bulan ketegangan terkait proyek jalur pipa gas MidCat yang melintasi kawasan Pyrenees, yang tidak disukai Macron.

Alih-alih pipa gas MidCat, kedua negara - bersama Portugal - pada Jumat mengumumkan pembangunan jalur pipa hidrogen bawah laut antara Barcelona dan Marseille.

"Kita akan terus bekerja sama, Pedro. Dan karena negara kita memiliki begitu banyak hal untuk saling berbagi, dan rakyat kita memiliki begitu banyak kesamaan, kita akan bertemu lagi pada 19 Januari di Spanyol untuk melangkah lebih jauh bersama," kata Macron.

Beberapa sumber di Paris dan Madrid mengatakan bahwa kedua pemimpin sedang menyusun perjanjian persahabatan dan kerja sama Prancis-Spanyol yang baru.

Sumber: Reuters
Baca juga: Prancis, Spanyol janji setop jual kendaraan berbahan bakar bensin
Baca juga: Prancis dukung total Spanyol, anggap sepi Catalonia merdeka

 

Penerjemah: Katriana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022