Jakarta (ANTARA) - Roche Diagnostics Indonesia (Roche) ,sebagai salah satu penyedia alat kesehatan di Indonesia, menghadirkan acara bertajuk Roche Innovation Day (RID) menghadirkan diskusi dengan para tenaga medis hingga menampilkan inovasi teknologi khusus laboratorium.

Langkah itu sejalan dengan visi transformasi kesehatan Indonesia yang juga memanfaatkan pengembangan sumber daya manusia hingga teknologi untuk menghadirkan layanan lebih optimal bagi masyarakat.

"Kami percaya meningkatkan kesadaran terhadap layanan kesehatan merupakan hal penting bagi masyarakat. Kami juga menyediakan wadah untuk meningkatkan kapasitas serta edukasi bagi masyarakat lewat beragam acara termasuk diskusi dan seminar serta memberikan solusi nyata untuk mendukung peningkatan sistem kesehatan di Indonesia,"ujar Director Diagnostics Division PT Roche Indonesia Ahmed Hassan saat ditemui di Jakarta, Sabtu.

Dalam RID 2022 secara khusus tema diskusi yang dibawa bertajuk “Transforming Patient Care Management through Innovation”.

Baca juga: Roche Swiss kembangkan alat deteksi virus cacar monyet

Fokusnya untuk menguatkan pemahaman para tenaga medis terkait pelayanan kesehatan dasar (primary health care) mengingatkan pentingnya nilai diagnostik untuk pencegahan, deteksi, hingga pengobatan pasien.

Di samping itu, RID juga mengenalkan beragam solusi laboratorium yang ditawarkannya untuk mendiagnostik penyakit dan memberikan manfaat tinggi dalam sistem pelayanan kesehatan.

Salah satu teknologi laboratorium yang dikenalkan adalah produk teranyar mereka bernama cobas Pure.
Produk diagnostik terbaru dari Roche Indonesia bernama cobas Pure dipamerkan di Roche Innovation Day di Raffles Hotel, Jakarta Selatan, Sabtu (10/12/2022). (ANTARA/Livia Kristianti)



Teknologi itu mampu menjalankan pengetesan satu sampel untuk mendeteksi beberapa penyakit dalam waktu bersamaan.

Dalam satu waktu perangkat ini mampu menjajal 50 sampel untuk lebih dari 100 jenis pengetesan termasuk pengetesan umum atau dikenal juga sebagai medical check up (MCU).

Dengan fitur kalibrasi otomatis, cobas Pure dapat melakukan kalibrasi dengan lebih singkat sehingga bisa menghemat biaya dan waktu praktik hingga 105 jam setiap tahun.

cobas Pure diklaim mampu menjadi solusi terintegrasi dengan menawarkan fitur otomatisasi yang cocok digunakan di laboratorium dengan ruang terbatas.

“Kami juga berharap, cobas Pure dapat mempermudah ahli medis berkonsentrasi dalam pengidentifikasian suatu penyakit sejak dini dan pencegahan kematian akibat prevalensi penyakit,"ujar Head of Marketing Roche Diagnostics Indonesia Sara Babar.

Ke depannya Roche Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan sistem layanan kesehatan di Indonesia lewat berbagai inisiatif serta solusi bagi masyarakat.

Baca juga: Terapi kanker berdasarkan pemetaan genomik tumor hadir di Indonesia

Baca juga: La Roche-Posay perkenalkan analisa kulit berjerawat berbasis AI

Baca juga: Atasi kesenjangan pelayanan kanker dengan metode ECHO

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022