Tokyo (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi menekankan bahwa keberagaman adalah anugerah dalam momentum perayaan Natal tahun ini.

“Sesuai dengan tema Natal tahun ini yang ditetapkan Konferensi Wali Gereja Indonesia bersama dengan persekutuan gereja-gereja di Indonesia, ‘pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain’, terkandung maksud keberagaman adalah anugerah yang harus kita syukuri bersama, rawat bersama dan selalu kita kembangkan,” kata Dubes Heri dalam sambutannya pada perayaan Natal di Tokyo, Sabtu.

Dia menuturkan kebhinekaan adalah anugerah yang mendorong bangsa Indonesia untuk saling "bergandengan tangan".

Dengan demikian, lanjut dia, bangsa Indonesia akan selalu bisa bersama-sama mewujudkan dan menata kehidupan yang lebih bermanfaat.

“Dengan bergandengan tangan pula, Indonesia akan mampu untuk pulih cepat, bangkit lebih kuat,” katanya.

Semangat kebhinekaan diharapkan dapat menjadi stimulus dalam membangun kembali kehidupan dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19 yang berdampak pada sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia.

“KBRI Tokyo akan senantiasa memberikan pelayanan prima. Dengan berhimpun seperti ini, komunitas Indonesia bisa saling membantu dan menolong apabila ada masalah yang dihadapi warga kita di Jepang ini,” katanya.

Baca juga: WNI Kristiani di Jepang kembali rayakan Natal bersama

Sekitar 200 umat Kristen dan Katolik merayakan Natal secara luring di Balai Indonesia, Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT). Acara tersebut juga digelar secara daring yang dihadiri WNI baik yang ada di Jepang maupun di Indonesia.

Selain diisi dengan lagu-lagu khas Natal, tari-tarian dari Toraja dan Bali, juga terdapat pertunjukan paduan suara, tarian serta angklung dari komunitas Jepang pecinta budaya Indonesia.

Ketua Keluarga Masyarakat Kristen Indonesia (KMKI) Jepang Bernard Sirait berharap ke depannya dapat bisa lebih banyak menyelenggarakan kegiatan secara luring agar bisa kembali mempererat hubungan di antara WNI di Jepang.

"Harapan ke depan, kita tetap terus semangat menghadapi tantangan apapun dan bisa berkumpul kembali membuat kegiatan-kegiatan yang bisa merekatkan persatuan dan kebersamaan masyarakat Indonesia yang ada di Jepang," ujarnya.

Baca juga: Album Asia: Pasar Natal Yokohama, Jepang, dibuka terbatas saat pandemi

Baca juga: KFC Jepang sambut permintaan ayam goreng yang membludak saat Natal


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2022