Makassar (ANTARA) - Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar ajang Islamic Communication Festival (I-Comfes) di Makassar, 10-12 Desember 2022.

I-Comfes merupakan ajang perlombaan bergengsi untuk mengembangkan minat, bakat, serta inovasi pelajar dalam bidang komunikasi dan dakwah.

Ketua Panitia Ahmad Jihan di Makassar, Sabtu, menyampaikan I-Confes 2022 ini melombakan empat kategori yaitu MHQ (Musabaqah Hifdzil Qur’an), Pidato tiga Bahasa (Inggris, Arab, daerah), Desain Poster Dakwah, dan Lomba Video Profil Prodi (khusus untuk mahasiswa KPI).

Ahmad Jihan menjelaskan I-Comfes merupakan terobosan baru dari Himaprodi KPI FAI Unismuh.

Baca juga: ICW-Unismuh Makassar jajaki kerja sama pendidikan antikorupsi

Baca juga: 349 mahasiswa Unismuh Makassar terima beasiswa KIP


“Ajang ini tidak akan sukses tanpa kerja keras dari panitia hebat dan luar biasa yang telah mengorbankan tenaga, waktu dan pikiran untuk menyukseskan ajang ini,” ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi para sponsorship, media partner, dan semua elemen yang berpartisipasi untuk menyukseskan ajang ini.

Sementara itu, Dekan FAI Unismuh Dr Amirah Mawardi bersyukur atas penyelenggaraan kegiatan ini.

“Semoga semua rangkaian acara berjalan lancar. Dan agar kegiatan menjadi wadah bagi semua siswa dan mahasiswa. Selamat berlomba,” tuturnya.

Salah satu rangkaian I-Comfes adalah Seminar Komunikasi bertema “Islamic Communication as a Solution In The Era of 5.0”.

Seminar ini terdiri atas tiga materi, di antaranya Komunikasi Islam Sebagai Solusi Daerah Dalam Perspektif Al Quran dan Hadits, Komunikasi Politik Islam sebagai Solusi di Era 5.0, dan Peran Pemuda Terhadap pengembangan komunikasi Islam dalam politik Indonesia di Era 5.0.

Adapun narasumber yang dihadirkan, yakni Muh Yasin Lc (Alumni Universitas Internasional Of Arika Sudan), Dr Dahlan Lama Bawa MAg (Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan), dan Elly Oschar MPd (Wakil Dekan 3 FAI Unismuh Makassar).

Beberapa institusi pendidikan yang turut serta dalam I-Comfes ini, seperti PUTM (Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah), Universitas Muhammadiyah Bulukumba, UIN Alauddin Makassar, Universitas Sriwijaya, Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Selanjutnya STAI Al-Furqan Makassar, STAI Al Gazali Bulukumba, STIE Tri Dharma Nusantara, STIBA, Politeknik Negeri Ujung Pandang, dan tingkat Sekolah diantaranya PPTQ Imam Ashim, Ponpes An-Nur Tompobulu, Madrasah Arifah, dan Ponpes Anggur Tompobulu Maros.*

Baca juga: Mahasiswa Unismuh-UNM kolaborasi kenalkan "Delivery Hidroponic" WMK

Baca juga: 1.006 mahasiswa pamerkan produk di Expo WMK Unismuh Makassar

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022