banyak manfaat lainnya saat anak berolahraga
Jakarta (ANTARA) - Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Edi Sumantri mengajak siswa sekolah untuk lebih rajin lagi berolahraga untuk mengurangi ketergantungan terhadap gawai.

"Dengan berolahraga secara tidak langsung menjauhkan anak dari ketergantungan gawai sehingga saya minta sekolah-sekolah untuk memperbanyak aktivitas olahraga," kata Edi di Jakarta, Senin, saat membuka ajang olahraga dan pengetahuan Harapan ibu Competition (HICOM) XX di lapangan Hall Soerjo Wirjohadipoetro Sekolah Islam Harapan Ibu, Kelurahan Pondok Pinang, Kecamatan Kebayoran Lama.

Edi mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan  Yayasan Harapan Ibu ini sehingga anak-anak memiliki alternatif mengisi waktu dengan meningkatkan prestasi lewat ajang olahraga.

Menurut dia, selain mengurangi ketergantungan pada gawai, ada banyak manfaat lainnya saat anak berolahraga, salah satunya menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

"Ditambah olahraga bisa meningkatkan fokus dan daya ingat, menguatkan tulang, serta mencegah risiko obesitas pada anak," katanya memberi pesan.

Sementara itu, Kepala SMP Harapan Ibu Bhara Widya, Tunggul menjelaskan kegiatan tersebut sudah digelar rutin dan kini HICOM XX diikuti 37 sekolah, dengan kurang lebih 410 peserta terlibat di dalamnya untuk bersaing sehat dalam ajang olahraga yang akan berakhir pada hari Jumat atau empat hari mendatang.

"Untuk lomba yang diadakan seperti olahraga, pengetahuan, dan religi diikuti peserta SD berasal dari Jakarta, Depok, Ciledug, dan SMP dari wilayah Jakarta Selatan," tutur Bhara.

Ajang yang bertema "Berpacu dalam berprestasi" terdiri dari enam cabang perlombaan yakni futsal, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), membaca berita, mengeja huruf dalam Bahasa Inggris (spelling bee), qiroat dan da'i remaja.
Baca juga: Wali Kota dorong pebulu tangkis manfaatkan jam utama di Sarana Sunter
Baca juga: WanitaIndonesia.co dan Pemkot Jaksel gelar klinik bulu tangkis
Baca juga: DKI bersama IPB kembangkan olah raga berkuda secara saintifik

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022