Semoga tidak berhenti di sini saja, bisa berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) - Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jawa Tengah berharap Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia yang merupakan kompetisi atletik pelajar ini digelar secara berkelanjutan demi menjaring atlet potensial.

“Saya melihat event ini sebuah terobosan baru dan saya optimis bakal menemukan potensi pelajar di Jawa Tengah yang belum sepenuhnya terjaring," kata Ketua Umum Pengprov PASI Jawa Tengah (Jateng), Dr. Rumini, M.Pd dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Selasa.

"Event ini juga menjadi industri olahraga yang memang bisa dikemas untuk masyarakat dan membantu perkembangan atletik di Indonesia. Semoga tidak berhenti di sini saja, bisa berkelanjutan," katanya menambahkan.

Peraih medali emas saptalomba SEA Games 1993 dan 1995 selain bisa melahirkan atlet potensial kejuaraan ini juga bisa memotivasi sekolah agar semakin masif dalam mengembangkan atletik di kalangan pelajar.

Hal serupa disampaikan oleh Kadispora Kota Semarang, Fravarta Sadman. Menurut dia, kompetisi atletik pelajar seharusnya memang dilakukan tiap tahun dan salah satunya untuk mempertahankan proses regenerasi.

Baca juga: Nomor sprint paling diminati peserta SAC Indonesia kualifikasi Jabar
Baca juga: 128 atlet pelajar SAC Indonesia lolos ke National Championship Jakarta


“Saya tadi sudah melihat dan kelihatan bakat-bakatnya. Mungkin nanti PASI akan bisa memoles mereka. Dengan adanya kegiatan ini, semoga mereka lebih rajin berlatih. Ada ajang menampung kegiatan mereka,” kata Fravarta.

Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 merupakan ajang kompetisi atletik pelajar yang pelaksanaannya dilakukan di sembilan zona. SAC Indonesia kualifikasi Jawa Tengah di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang, 8-10 Desember adalah yang terakhir.

Sebelumnya kualifikasi digelar di Bali-Nusa Tenggara di Mataram, Papua (Mimika), DI Yogyakarta (Yogyakarta), Kalimantan (Banjarmasin), Jawa Timur (Surabaya), Sumatera Utara (Medan), DKI Jakarta-Banten (Jakarta) dan Jawa Barat (Bandung).

Sebanyak 32 pelajar jenjang SMA dalam setiap lokasi kualifikasi yang naik podium sebagai winner dan runner-up dari semua nomor akan diberangkatkan ke Jakarta untuk bersaing dengan pemenang dari qualifiers lainnya pada National Championship di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, 13-15 Januari 2023.

Pemenang nasional, akan mendapatkan hadiah diberangkatkan ke Australia untuk mengikuti training camp di fasilitas sports science ternama di Negeri Kanguru itu.

Baca juga: Tiga rekor tercipta pada SAC Indonesia 2022 kualifikasi Jawa Tengah
Baca juga: SAC Indonesia kualifikasi Jawa Timur tembus 4.076 peserta
Baca juga: Pemecahan rekor warnai SAC Indonesia kualifikasi Kalimantan

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022