Jakarta (ANTARA) - Studio Ghibli telah mengumumkan proyek terbarunya dari pembuat film legendaris Hayao Miyazaki, berjudul "How Do You Live".

Sebagaimana disiarkan Variety pada Rabu, film panjang ini akan diputar di bioskop Jepang pada 14 Juli tahun depan. Belum ada detail lain yang diumumkan meski Studio Ghibli merilis sketsa makhluk mirip burung.

Baca juga: Lucasfilm dan Studio Ghibli hadirkan "Zen - Grogu and Dust Bunnies"

Film ini didasarkan pada buku karya Genzaburo Yoshino tahun 1937 dengan nama yang sama, menceritakan kisah seorang anak laki-laki berusia 15 tahun saat dia melakukan perjalanan untuk menemukan perkembangan spiritual, kemiskinan dan makna hidup dengan bantuan pamannya. Nasihat tersebut disampaikan kepadanya dari sebuah jurnal.

Miyazaki pemenang Oscar telah lama menyebut "How Do You Live" sebagai salah satu buku favoritnya dan mengumumkan pada tahun 2017 bahwa dia berencana untuk mengadaptasinya ke layar. Terjemahan bahasa Inggris dari buku tersebut diterbitkan pertama kali pada tahun 2021 dengan pengantar oleh Neil Gaiman.

Dalam sampul terjemahannya disebut bahwa "How Do You Live?" dinarasikan dalam dua suara, yakni pertama Copper, berusia 15 tahun, yang setelah kematian ayahnya harus menghadapi perubahan besar yang tak terelakkan, termasuk pengkhianatannya sendiri terhadap sahabatnya.

Di sela-sela episode cerita Copper, pamannya menulis kepadanya dalam sebuah jurnal, berbagi pengetahuan dan memberikan nasihat tentang pertanyaan besar dalam hidup saat Copper mulai menjumpainya.

Sepanjang cerita, Copper, seperti namanya Copernicus, melihat ke bintang-bintang, dan menggunakan penemuannya tentang langit, bumi, dan sifat manusia untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana dia akan hidup.

Studio Ghibli baru-baru ini membuka taman hiburan berdasarkan karya Miyazaki, yang menampilkan wahana dan atraksi yang terinspirasi dari film seperti "My Neighbor Totoro" dan "Princess Mononoke". Adaptasi panggung "My Neighbor Totoro" oleh Royal Shakespeare Company juga baru saja dibuka di London, Inggris.

Studio ini juga berkolaborasi bulan lalu dengan Lucasfilm dalam animasi pendek Baby Yoda, menyatukan Grogu dari "The Mandalorian" dan kelinci debu batu bara antropomorfis dari "Spirited Away" karya Miyazaki.


Baca juga: Ghibli Park segera dibuka November 2022 dengan ragam wahana unik

Baca juga: UNIQLO luncurkan koleksi khusus UT perdana bersama Studio Ghibli

Baca juga: Studio Ghibli Theme Park Jepang siap dibuka pada 1 November 2022

Penerjemah: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022