Pangkalpinang (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyerahkan bantuan satu unit rumah layak huni kepada mustahik yang tinggal di Kelurahan Sinarbulan, Bukitintan, Pangkalpinang.

Wakil Ketua II Baznas Kota Pangkalpinang H Yusril di Pangkalpinang, Rabu, mengatakan bantuan pembangunan rumah layak huni tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan Baznas Pangkalpinang untuk warga di daerah itu.

"Ini bentuk kepedulian kepada mereka yang membutuhkan uluran tangan. Kami harapkan bantuan ini bermanfaat," kata Yusril.

Baca juga: Warga kurang mampu di Babel dibantu rumah layak huni

Pada pelaksanaan pembangunan rumah layak huni tersebut, Baznas Kota Pangkalpinang melibatkan para Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) yang merupakan ujung tombak dari Pemerintah Kota Pangkalpinang yang sekarang telah menjadi mitra Baznas.

Jumlah biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan rumah layak huni tersebut sebesar Rp63.618.000.

"Bantuan dari Baznas Kota Pangkalpinang sebesar Rp48 juta, untuk kekurangan biaya kita himpun swadaya dari masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, bantuan swadaya dari warga di Perumahan Korpri untuk mendukung pembangunan rumah layak huni tersebut berupa uang tunai dan ada beberapa yang berwujud barang, seperti kloset, keramik, plafon, kusen, dan lainnya.

Baca juga: Pemprov Babel rehab rumah warga tak layak huni di daerah terpencil

"Untuk uang tunai kita berhasil mengumpulkan sekitar Rp8 juta sehingga pembangunan rumah layak huni bisa selesai seperti sekarang ini," katanya.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil memberikan apresiasi kepada pengurus Baznas Kota Pangkalpinang dan warga yang sudah bersama-sama merealisasikan bantuan untuk warga kurang mampu tersebut.

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada Misna dan keluarga yang telah menghibahkan sebidang tanah bagi pembangunan rumah layak huni ini, begitu juga dengan PT PLN dan semua pihak yang ikut ambil bagian," katanya.

Ia berharap ke depan Baznas terus bergerak untuk hadir langsung di tengah masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Baca juga: Mensos resmikan 25 rumah layak huni di Bangka Barat

"Dari sebanyak 1.088 unit rumah yang sudah diperbaiki selama ini, baru kali ini yang luar biasa lengkap. Saya memberi apresiasi kepada Baznas Kota Pangkalpinang. Namun, masih banyak yang membutuhkan bantuan, masih banyak yang perlu kita pikirkan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022