Banjarmasin (ANTARA) - Sekretaris Jenderal KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno mengatakan seluruh pegawai KPU mulai pusat hingga daerah harus solid dalam mengawal suksesnya Pemilu 2024.

"Kesuksesan pemilu dimulai dari kerja seluruh pegawai dan staf KPU yang saling bahu membahu," kata Sekjen KPU RI di Banjarmasin, Rabu.

Bernad pun menekankan empat poin penting terkait soliditas, konsolidasi internal maupun eksternal, peningkatan kompetensi penyelenggara pemilu dan komitmen dalam bekerja.

Saat mengecek kantor KPU Kalimantan Selatan di Banjarmasin, dia memberikan penguatan kelembagaan, pengecekan sarana prasarana dan kesiapan logistik.

Dijelaskan dia pula, khusus untuk sekretariat adalah sistem pendukung, sehingga setiap pegawai harus tegak lurus dengan pimpinan dalam bekerja.

Menurutnya, KPU juga tidak bisa bekerja sendiri namun harus mendapatkan dukungan dari semua unsur yang terlibat menyukseskan pemilu.

Oleh karena itu, tambah dia, pentingnya menjalin konsolidasi eksternal dan membangun jejaring kemitraan agar tugas KPU menjadi lebih ringan berkat masifnya dukungan yang peduli terhadap penyenggaraan pemilu.

Sebagaimana diketahui saat ini tahapan Pemilu 2024 memasuki penetapan partai politik calon peserta pemilu yang diumumkan hari ini sekaligus pengundian nomor urut parpol.

Baca juga: KPU minta masyarakat cek nama di DPT pastikan terdaftar jadi pemilih
Baca juga: DEEP mendorong KPU RI transparan soal verifikasi faktual parpol
Baca juga: Perludem: Keterbukaan data pemilu dapat turunkan tensi politik

Pewarta: Firman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022