Mayoritas sudah hampir 100 persen jadi diperkirakan selesai akhir tahun ini
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah memastikan program penataan kawasan di beberapa kelurahan dapat dirampungkan pada akhir tahun 2022 mengingat rata-rata progresnya  berkisar 90 hingga 100 persen.

"Pengerjaan penataan kawasan di seluruh kelurahan selalu kita pantau dan kita update. Mayoritas sudah hampir 100 persen jadi diperkirakan selesai akhir tahun ini," kata Iin saat ditemui di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Rabu.

Iin menjelaskan mayoritas pengerjaan penataan kawasan di Jakarta Barat meliputi perbaikan jalan, pembangunan taman, perbaikan lampu taman, hingga pembersihan saluran air.

Pihaknya juga bekerja sama dengan suku dinas terkait  melakukan penanaman pohon dan melaksanakan program penghijauan di beberapa lokasi.

"Pohon yang ditanam banyak, ada yang jenis pohon produktif dan pohon pelindung," jelas dia.

Namun demikian, dia tidak menampik ada beberapa kendala yang terjadi di lapangan saat penataan kawasan berlangsung.

Salah satu kendala yakni minimnya lahan untuk melakukan penanaman pohon. Namun demikian, dia memastikan telah berkoordinasi dengan pihak lurah untuk mencari lahan yang layak untuk ditanami pohon.

Untuk diketahui, tercatat ada beberapa pengerjaan penataan kawasan yang sudah selesai di Jakarta Barat. Salah satunya di wilayah Palmerah.

"Rata rata pengerjaan sudah selesai di setiap kecamatan kita optimis bisa selesai hingga akhir tahun," kata Camat Palmerah Joko Mulyono.

Joko pun mengambil contoh pengerjaan penataan kawasan yang sudah selesai di beberapa kelurahan.

Di kelurahan Palmerah, tepatnya Jalan Haji Harun, pihaknya sudah selesai membangun taman dengan panjang 20 meter dan lebar 22 meter.

Taman tersebut dibuat untuk menjadi sarana tempat bermain anak-anak dan ruang interaksi antara orang dewasa hingga lanjut usia.

Di taman tersebut, pihaknya menggandeng Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) dan Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) untuk menanam 479 pohon.

Selain itu, pihaknya juga hampir menyelesaikan pembangunan taman di Kelurahan Slipi, lebih tepatnya Jalan KS Tubun, Jakarta Barat.

Taman sepanjang 400 meter dengan lebar 4 meter ini akan ditanami 500 pohon oleh Sudin KPKP dan Sudin LH.

"Ini sudah sampai 95 persen mudah mudahan akhir Desember sudah 100 persen," kata Joko.

Walau mayoritas penataan sudah hampir selesai, Joko mengaku masih ada pengerjaan di beberapa wilayah yang terkendala.

"Di kelurahan Jati Pulo kita sudah siapkan 100 pohon. Tapi lahan yang tersedia baru cukup untuk 47 pohon. Kita sedang usahakan cari lahan lain untuk ditanami pohon lainnya," kata Joko.

Joko berharap dengan penataan kawasan ini, warga di kawasan Palmerah bisa menikmati beragam fasilitas umum yang disediakan pemerintah.
Baca juga: Penataan kawasan Taman Sari capai 80 persen
Baca juga: Sudin Bina Marga Jakbar koordinasi kelurahan percepat penataan kawasan
Baca juga: Penataan kawasan Meruya Selatan dan Kebon Jeruk capai 65 persen

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022