Jayapura (ANTARA) - Menjelang peringatan ke-77 Hari Juang TNI AD, prajurit TNI AD yang dipimpin Kepala Staf Korem 172/PWY, Kolonel Inf Bayu Sudarmanto, melakukan ziarah ke di Taman Makam Pahlawan Kusuma Trikora, Wamena, Jayapura, Papua. 
 
Ziarah ke TMP dilaksanakan, Rabu (14/12) diawali dengan mengheningkan cipta untuk menghormati arwah para pahlawan yang gugur membela Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: TNI AD gelar doa bersama untuk negeri peringati Hari Juang Kartika
 
Setelah mengheningkan cipta kemudian dilanjutkan peletakan karangan bunga dan tabur bunga di makam para pahlawan yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Trikora.

Sudarmanto usai ziarah di TMP Kusuma Trikora mengatakan kegiatan ziarah ini bertujuan untuk menghormati dan mengenang jasa ahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: Peringati hari Juang Kartika, Grup 1 Kopassus gelar donor darah
 
“Sudah sepatutnya sebagai generasi penerus memberikan penghormatan yang layak kepada pahlawan yang telah mendahului, sekaligus peringatan hari Juang TNI AD, " kata Kol Inf Bayu Sudarmanto.
 
Kasrem 172 juga mengajak seluruh prajurit TNI AD untuk dapat meresapi dan merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah mengharumkan bumi Pertiwi yang tanpa pamrih berjuang merebut serta mempertahankan kemerdekaan bangsa.

Baca juga: Sejarah Palagan Ambarawa libatkan pemuda lawan kolonial Belanda
 
"Kegiatan ini bukan seremonial semata, tetapi penghargaan secara moral dan mental kepada para pejuang yang mendahului kita, tak lupa juga kita mendoakan agar arwah para pahlawan mendapat tempat di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” kata dia. 

Hari Juang TNI-AD diperingati setiap 15 Desember.

Baca juga: Kodim 1304/Gorontalo doa bersama Hari Juang Kartika
 
Dalam memperingati Hari Juang TNI AD 2022, dilaksanakan kegiatan bakti sosial donor darah dan khitanan massal.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022