menggerakkan para prajurit untuk mendonorkan darahnya sehingga persediaan darah di PMI Papua tersedia
Jayapura (ANTARA) - Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengatakan, Kodam XVII/Cenderawasih dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke 78 menargetkan mengumpulkan 1.000 kantong darah.

Target itu diharapkan dapat terpenuhi oleh prajurit di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih yang tersebar di tiga Korem yang berada di dua provinsi di Tanah Papua yaitu Korem 172/PWY dan Korem 173/PVB dan Korem 174/ATW.

Kegiatan donor darah itu dilaksanakan bekerja sama dengan PMI Papua, selain dilakukan prajurit TNI-AD juga melibatkan personel TNI -AL, TNI AU dan Polri, kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan di Jayapura, Rabu.

Dikatakan, selain donor darah juga dilakukan pemberian santunan kepada Warakawuri dan veteran serta karya bakti lainnya, misalnya pembersihan lingkungan, penanaman pohon dan puncaknya peringatan Hari Juang Kartika TNI AD pada Jumat (15/12).

Baca juga: Korem Lilawangsa kumpulkan 1.008 kantong darah bantu kebutuhan darah
Baca juga: Warnai Hari Juang TNI AD 2022 Korem 172/PWY gelar donor darah


Lebih lanjut, Pangdam Cendrawasih mengungkapkan, peringatan Hari Juang Kartika TNI AD yang dilakukan setiap tahun adalah untuk membangun semangat cinta Tanah Air.

Selain itu juga untuk memahami perjuangan para pejuang yang mempertahankan Indonesia ini, sehingga semangat dan perjuangan itu harus terus dipelihara, kata Pangdam Mayjen TNI Izak Pangemanan.

Ketua PMI Papua Bapak Zakius Digei, menyampaikan terima kasih kepada Pangdam XVII/Cenderawasih yang peduli terhadap nilai kemanusiaan di Papua.

"Atas nama PMI Provinsi Papua, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pangdam karena selalu berkontribusi bagi Papua dengan menggerakkan para prajurit untuk mendonorkan darahnya sehingga persediaan darah di PMI Papua tersedia," kata Zakeus Degey.

Baca juga: Hari Juang Kartika refleksikan tugas prajurit
Baca juga: Kodim 1304/Gorontalo doa bersama Hari Juang Kartika

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023