Jakarta (ANTARA) - Aktor Korea Selatan Yoo Seon-ho berpendapat memerankan karakter pangeran agung Gyeseong dalam drama fiksi sejarah "Under the Queen's Umbrella" bukanlah hal yang mudah.

Pada siang hari, Gyeseong, putra keempat Ratu Hwaryeong yang diperankan aktris Kim Hye-soo adalah sosok putra yang berperilaku terbaik, dan menyenangkan ibunya dengan prestasi akademiknya.

Tapi di malam hari, dia diam-diam menuju ke surganya sendiri dan menyamar sebagai wanita untuk mengungkapkan identitas seksualnya yang tersembunyi.

Seperti disiarkan The Korea Times, Rabu, alasan di balik kehidupan gandanya ini sederhana. Menjadi seorang pangeran Kerajaan Joseon yang konservatif (1392-1910), nyawa Gyeseong bisa saja terancam jika orientasi seksualnya terungkap.

Baca juga: Ha Jung-woo hingga Minho SHINee akan bintangi "Bros on Foot"

Namun, hidupnya berubah drastis setelah ibunya mengetahui tentang rahasianya.

"Ketika aku pertama kali membolak-balik naskah 'Under the Queen's Umbrella', aku tidak tahu harus berbuat apa," ujar Yoo Seon-ho.
 


Dia mengaku awalnya tidak tahu bagaimana menyelami karakternya. Sang aktor lalu merujuk ke serangkaian film, drama, dan dokumenter dan bahkan membaca beberapa makalah penelitian untuk mendapatkan beberapa petunjuk.

"Aku benar-benar menonton film drama romantis biografi tahun 2015 'The Danish Girl' yang berputar di sekitar minoritas seksual - empat sampai lima kali. Aku juga mempelajari hormon pria dan wanita," tutur dia.

Usahanya tampaknya membuahkan hasil. Banyak pemirsa memuji penggambaran karakternya yang menantang dan realistis setelah menonton "Under the Queen's Umbrella".

Menurut dia, berdandan seperti wanita pada awalnya adalah sesuatu yang asing, tetapi seiring berjalannya waktu, dia menjadi terbiasa.

"Aku pikir benar-benar terlihat seperti wanita pada akhirnya, beberapa penggemar mulai memanggilku 'putri' dan sekarang itu adalah nama panggilan favoritku. Aku pikir kata itu sendiri terlihat cantik dan terdengar cantik," kata Yoo Seon-ho.

Dia mengaku sangat menyukai episode terakhir yang memperlihatkan Gyeseong memutuskan untuk meninggalkan istana untuk mengejar kebahagiaannya sendiri.

Yoo Seon-ho pertama kali dikenal publik melalui program audisi Mnet "Produce 101" musim kedua (2017). Dia tidak dapat bergabung dengan Wanna One, grup idola K-pop bentukan "Produce 101" yang terdiri dari 11 kontestan teratas.

Saat ini, dia tidak berencana merilis album atau single baru, namun berharap mendapat kesempatan menyanyikan lagu untuk drama yang akan dibintanginya.

"Salah satu tujuanku menyanyikan lagu untuk karakterku jika protagonis. Aku harap juga bisa menampilkan beberapa karya hebat di tahun 2023," demikian harapnya.

Baca juga: Yoo Seon Ho resmi bergabung di "2 Days & 1 Night" musim keempat

Baca juga: Tiga alasan "The Forbidden Marriage" perlu ditonton

Baca juga: Simak lima kepingan konflik yang menarik di drakor "The Law Cafe"

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022