Cianjur (ANTARA) - Wakil Bupati Garut, Jawa Barat, Helmi Budiman menyerahkan bantuan kepada korban gempa 5.6 magnitudo di Kampung Kadudampit, Desa Rancagoong, Kecamatan Cilaku, Cianjur, Rabu, yang diterima perwakilan warga penyintas gempa.

"Donasi yang kami berikan dibagi untuk sejumlah titik posko pengungsian, ini merupakan titipan dari pegawai di lingkungan Pemkab Garut. Semoga dapat meringankan beban warga Cianjur yang menjadi korban gempa," kata Helmi yang juga ketua PMI Garut.

Baca juga: Pemkab Garut salurkan bantuan Rp200 juta untuk korban gempa Cianjur

Helmi menjelaskan, sebelumnya Bupati Garut telah lebih dulu datang ke Cianjur untuk menyalurkan bantuan yang diterima oleh Bupati Cianjur Herman Suherman beberapa waktu lalu di Pendopo Cianjur, sehingga kunjungan Pemkab Garut untuk kedua kalinya juga sempat mendatangi Pendopo Cianjur.

"Kami diterima Staf Ahli Bupati Cianjur. Kami menyampaikan niat kami ingin langsung menyerahkan bantuan dalam bentuk uang kepada warga terdampak gempa sambil melihat kondisi setelah gempa," katanya.

Baca juga: Pemkab Garut kirim 15 tenaga medis bantu korban gempa Cianjur

Sebelum meninggalkan Cianjur, Wabup Garut sempat mengunjungi posko terpusat PMI atau Camp Joglo yang diisi dua ratusan relawan dari berbagai daerah untuk melakukan misi kemanusiaan. Helmi sempat memberikan semangat dan dukungan bagi relawan dalam meringankan beban penyintas gempa.

"Sejak hari pertama setelah gempa, kami sudah menugaskan sekitar 10 relawan untuk merapat ke PMI Cianjur, membantu berbagai layanan kemanusiaan bagi korban gempa. Pekan ini, kami akan kembali mengirim relawan sesuai permintaan Ketua PMI Cianjur," katanya.

Baca juga: Polres dan Pemkab Garut kirim personel penanggulangan gempa Cianjur

Penyintas gempa yang menerima bantuan itu, Neni Rosita warga Kampung Kadudampit, mengatakan tidak menyangka doanya langsung dikabulkan karena sebelum kedatangan orang nomor dua di Garut itu, warga yang tinggal di dalam tenda pengungsian mengeluh alas tidur mereka basah.

"Saya meminta dalam doa agar ada bantuan untuk membeli karpet atau terpal alas tidur sekitar 250 pengungsi yang sejak gempa menempati tenda pengungsian yang basah karena hujan lebat sejak siang. Alhamdulillah ada Wabup Garut memberi bantuan uang Rp25 juta," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022