terus bersinergi dalam mendukung percepatan sertifikasi halal
Bandarlampung (ANTARA) - Provinsi Lampung meraih peringkat kedua kategori penghargaan Satuan Tugas (Satgas) layanan jaminan produk halal provinsi teraktif pada Festival Halal Indonesia Tahun 2022.
 
Penghargaan itu diberikan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Muhammad Aqil, kepada Ketua Satuan Tugas (Satgas) Halal Provinsi Lampung Marwansyah, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu.

Ketua Satgas Halal Provinsi Lampung Marwansyah, mengaku bersyukur atas capaian yang telah diraih dan berterima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang ada di provinsi dalam rangka percepatan sertifikasi halal.

"Termasuk dukungan dari Pemerintah Pusat melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag), dan stakeholder lainnya yang selalu bersinergi, berkoordinasi dan berkolaborasi dalam mendukung percepatan sertifikasi halal di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Baca juga: Kemenag Lampung minta pelaku usaha segera lakukan sertifikasi halal
Baca juga: Kemenag Lampung sebut 14.558 UMK berhasil disertifikasi halal

Menurutnya, keberhasilan yang diraih oleh Lampung merupakan kerja kolaborasi tim mulai dari Kepala Kanwil Kemenag Lampung, Satgas Halal Provinsi Lampung, Kepala Bidang, Kemenag Kabupaten dan Kota, Satgas Halal Kabupaten.dan Kota, Kepala KUA, Kepala Madrasah, Penyuluh PNS dan Non PNS, serta PPH.

"Harapan ke depan, kelemahan yang terdapat dalam pelaksanaan program sertifikasi halal gratis (Sehati) Tahap 1 dan 2 akan kita perbaiki. Sehingga tahun depan percepatan Sertifikasi Halal di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung akan lebih maksimal lagi," ujarnya.

Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo, mengapresiasi kinerja Satgas layanan jaminan produk halal yang telah meraih Predikat Kedua pada Penghargaan Satgas Layanan Jaminan Produk Halal Provinsi Teraktif Tahun 2022.

"Ini tentu capaian yang luar biasa dan harus kita syukuri. Capaian ini merupakan kerja keras dari seluruh jajaran Kementerian Agama di Provinsi Lampung," kata dia.

Baca juga: BPJPH mendorong pelaku usaha menghadirkan produk halal
Baca juga: Baznas pastikan produk UKM binaan sudah mendapat sertifikasi halal

Kakanwil menegaskan akan terus mendorong percepatan sertifikasi halal di Provinsi Lampung agar terus berkembang. Hal ini dilakukan agar industri halal mampu mendorong percepatan kebangkitan ekonomi syariah yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya harap penghargaan ini akan menjadi lokomotif yang mampu mendorong dan memotivasi para stakeholder serta pelaku usaha untuk terus bersinergi dalam mendukung percepatan sertifikasi halal di Lampung," kata dia.

Sebelumnya, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Lampung telah berhasil membantu 14.558 usaha mikro kecil (UMK) di provinsi ini memperoleh sertifikat halal gratis melalui program Sehati.

Baca juga: Kemenag gelar Festival Halal Indonesia peringati HUT Ke-5 BPJPH

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022