Jakarta (ANTARA) - Pusat Seni Pertunjukan John F. Kennedy akan memberikan Mark Twain Prize for American Humor kepada Adam Sandler pada 19 Maret 2023.

Ini merupakan salah satu penghargaan tertinggi di dunia komedi AS. Mark Twain Prize diberikan kepada individu yang memiliki pengaruh terhadap masyarakat Amerika dengan cara yang mirip dengan novelis dan penulis esai abad ke-19 Samuel Clemens atau yang lebih dikenal sebagai Mark Twain.

Baca juga: Adam Sandler sedih atas kematian anaknya di "Grown Ups", Cameron Boyce

"Adam Sandler telah menghibur penonton selama lebih dari tiga dekade dengan film, musik, dan menjadi anggota SNL (Saturday Night Live) yang difavoritkan penggemar. Adam telah menciptakan karakter yang membuat kita tertawa, menangis, dan menangis karena tertawa," kata Presiden Kennedy Center Deborah F. Rutter dilansir Variety, Kamis.

Sebagai penerima hadiah, Sandler akan menerima salinan patung potret perunggu Twain tahun 1884 yang dipahat oleh Karl Gerhardt.

Penerima sebelumnya termasuk Richard Pryor, Carl Reiner, Whoopi Goldberg, Bob Newhart, Lily Tomlin, Steve Martin, Neil Simon, Billy Crystal, Tina Fey, Will Ferrell, Eddie Murphy, Bill Murray, Julia Louis-Dreyfus, Dave Chappelle dan Jon Stewart.

Film Sandler telah meraup lebih dari 3 miliar dolar Amerika di seluruh dunia dan termasuk "Grown Ups", "Big Daddy", "The Longest Yard", dan "The Waterboy".

Film Netflix Sandler "Hustle" telah menerima banyak penghargaan, dan dia dianugerahi Penghargaan Gotham melalui perannya sebagai Stanley Sugerman.

Perannya sebagai Howard Ratner dalam film "Uncut Gems" karya Safdie Bros mendapat pujian kritis serta memperoleh beberapa nominasi dan penghargaan, termasuk memenangkan National Board of Review dan Independent Spirit Award.

Baca juga: Adam Sandler nyaris meninggal saat syuting "Uncut Gems"

Baca juga: Adam Sandler sindir Oscars

Baca juga: Giliran akun Twitter Adam Sandler kena retas

Penerjemah: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022