Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani menutup Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023 DPR RI dan mengumumkan bahwa DPR RI memasuki masa reses.

"Saya mengumumkan kepada seluruh rakyat Indonesia, mulai tanggal 16 Desember 2022 sampai dengan tanggal 9 Januari 2023 DPR RI memasuki masa reses," kata Puan saat membacakan pidato dalam Rapat Paripurna DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis.

Selama masa reses, Puan meminta para anggota dewan untuk menyapa, mendengarkan maupun menyerap aspirasi rakyat, menjelaskan tugas-tugas konstitusional yang telah dilaksanakan DPR RI, serta mempersatukan rakyat dalam semangat gotong royong untuk membangun Indonesia.

Baca juga: Puan paparkan kinerja DPR Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023

“Selamat memasuki masa reses dan sapa lah rakyat dengan gembira. Saya juga ingin mengucapkan Selamat Hari Natal bagi yang merayakannya dan Selamat Tahun Baru 2023 bagi kita semua,” katanya.

Puan menegaskan, DPR RI memiliki komitmen yang tinggi untuk terus meningkatkan kinerja kementerian dan lembaga dalam menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut.

“Dengan demikian rakyat merasakan kehadiran Pemerintah dalam melindungi rakyat, mempermudah kehidupan rakyat dan mensejahterakan rakyat,” tuturnya.

Puan pun mengajak seluruh pihak untuk mengawal proses pelaksanaan Pemilu 2024 yang sudah mulai berlangsung. Ia mengimbau pula masyarakat untuk meningkatkan rasa persaudaraan sehingga libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dapat berjalan dengan damai dan bahagia.

Sebelum penyampaian pidato penutupan masa sidang oleh Puan, Rapat Paripurna hari ini telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) dan RUU tentang Pengesahan Perjanjian antara Pemerintah RI dan Pemerintah Singapura tentang Ekstradisi Buronan.

Kemudian, penyampaian laporan Badan Legislasi DPR RI terhadap hasil pembahasan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Perubahan RUU Prioritas Tahun 2022, Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2023, dan Prolegnas Perubahan Keempat RUU Tahun 2020-2024.

Selain Ketua DPR RI Puan Maharani yang memimpin jalannya Rapat Paripurna, hadir pula sejumlah pimpinan DPR lainnya yakni Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus, serta Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar.

Baca juga: Puan Maharani ajak masyarakat kawal Pemilu 2024 berlangsung jurdil
Baca juga: Puan ingatkan pemerintah dan aparat jaga kondusifitas akhir tahun
Baca juga: Puan: Pengesahan RKUHP langkah besar reformasi hukum pidana RI

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022