Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemerintah bersama aparat keamanan berkoordinasi untuk menciptakan situasi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 berjalan kondusif.

"Pemerintah melalui koordinasi bersama TNI dan Polri agar dapat menciptakan situasi yang kondusif, aman dan tenteram bagi masyarakat saat merayakan hari natal dan tahun baru," kata Puan dalam pidatonya saat Rapat Paripurna DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis.

Puan mengingatkan agar stakeholder (pemangku kepentingan) terkait dapat menjaga keamanan lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru lantaran mobilitas masyarakat yang tinggi. "Akan ada jutaan masyarakat yang akan melaksanakan libur Natal dan Tahun Baru 2023 dimulai pada mungkin Minggu ketiga Desember," ucapnya.

Baca juga: Dirjen Hubla sebut tak ada kenaikan harga tiket jelang Natal

Baca juga: Pengamanan Natal dan Tahun Baru libatkan 134 ribu personel gabungan


Dia mengingatkan pula agar pemerintah dengan berbagai upaya agar dapat mengendalikan harga kebutuhan pokok yang dikhawatirkan mengalami lonjakan menjelang akhir tahun 2023.

"Saya juga ingatkan pemerintah untuk bisa kendalikan harga harga bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru karena biasanya karena hari libur akan ada lonjakan harga bahan pokok," tuturnya.

Puan pun mengimbau masyarakat yang akan melaksanakan libur Natal ataupun Tahun Baru dan menggunakan moda transportasi baik darat, air, maupun udara untuk dapat tertib selama perjalanan.

"Dan bisa bersabar kalau terjadi penumpukan di stasiun, airport (bandara) atau jalan darat karena memang animo untuk bepergian pada Desember ini sepertinya akan meningkat," ujarnya.

Baca juga: Polri antisipasi teror jelang Natal dan Tahun Baru 2023

Untuk itu, ia pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan rasa persaudaraan agar tidak terprovokasi pula oleh hal-hal yang dapat memecah belah, sehingga libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 pun dapat berjalan dengan damai dan bahagia.

"Jadi memang hal ini yang harus kita laksanakan sama sama gotong royong untuk bisa membuat situasi kondusif aman," kata Puan.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022