Itu satu malam saya dan Santi mikirin itu
Jakarta (ANTARA) - Abidzar Al-Ghifari mengaku sempat merasa terbebani saat mendapatkan peran utama sebagai Roy dalam film "Balada Si Roy" garapan Fajar Nugros.

"Jujur ini beban banget buat gue. Karena gue belum merasa diri gue siap untuk peran-peran besar seperti ini. Ingat waktu Mas Fajar ngomong 'Gue tantang lo jadi pemeran utama'. Di situ gue mikir banget, tapi dengan hati yang siap nggak siap, gue terima," ungkap Abidzar saat dijumpai di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Kamis.

Di sisi lain, sutradara Fajar Nugros juga menceritakan bahwa sebelumnya Bio One sudah ditunjuk untuk memerankan sosok Roy dalam film tersebut. Namun, keputusan Fajar berubah saat mendengar kata "Assalamualaikum" dari Abidzar.

Baca juga: Sekuel "Joker" masuk tahap produksi

"Seingat saya waktu itu saya dan Santi sedang mencari pemeran si Roy. Cukup lama prosesnya. Sebenarnya peran pertamanya tadinya itu Bio One. Kita sudah milih dia jadi Roy. Sudah lock," kata Fajar.

"Tapi pada hari itu, Abidzar sedang casting di ruang casting. Habis casting dia mampir ke ruangan saya sama Santi, mau pamit. Dia di pintu ngomong 'Assalamualaikum', dan slowmotion saya noleh ke pintu. Ini kayak suara si Roy," tambahnya.

Setelah memikirkan hal tersebut semalaman, akhirnya Fajar bersama sang produser Susanti Dewi pun memutuskan untuk mengganti pemeran Roy menjadi diperankan oleh Abidzar.

Sebelum memutuskan hal tersebut, Fajar pun juga mengatakan bahwa dirinya sempat berbincang-bincang dengan Abidzar untuk meyakinkan diri bahwa peran Roy memang pantas diberikan untuk Abidzar.

"Itu satu malam saya dan Santi mikirin itu dan akhirnya saya minta casting director saya untuk panggil Abi. Kalau dia niat, pasti dalam 45 menit dia bisa datang. Dan beneran datang. Akhirnya saya ngobrol sama dia, akhirnya saya minta screen test dan akhirnya sepakat sama Santi yang jadi Roy itu Abidzar. Lewat Assalamualaikum," jelas Fajar.

Baca juga: Taylor Swift bersiap debut sebagai sutradara film fitur

Jauh sebelum film ini digarap, rupanya mendiang ayah Abidzar yakni Ustadz Jefri Al Buchori alias Uje sempat berkeinginan membintangi karakter Roy apabila kisah novel "Balada Si Roy" diangkat menjadi sebuah film.

Kini, akhirnya Abidzar pun dapat mewujudkan keinginan sang ayah untuk berperan sebagai Roy. Saat mengetahui bahwa dirinya berhasil mendapatkan peran Roy, Abidzar pun menceritakan bahwa dirinya sempat kaget dan tidak menyangka akan mendapatkan peran tersebut.

"Pas gue dengar itu, gue kaget karena nggak pernah kepikiran bagi gue sama sekali kalau bokap gue bakal menjadi Roy sebelumnya. Dan apa yang gue rasain (mendapatkan peran Roy), gue senang," ujar Abidzar.

"Alhamdulillah. Ternyata begini cara dunia bekerja. Ternyata sebaik ini Tuhan mengkaitkan semuanya ke gue. Respon umi juga umi senang karena melihat ini sebuah manfaat juga buat gue," tutupnya.

Film "Balada Si Roy" akan segera dirilis di seluruh bioskop pada 19 Januari 2023 mendatang. Selain Abidzar, film ini pun juga akan dimainkan oleh Zulfa Maharani, Bio One, Febby Rastanty, Omara Esteghlal dan masih banyak lagi.

Baca juga: Pengalaman pertama Putri Marino main film aksi di "The Big 4"

Baca juga: Rizal Mantovani hadirkan film baru berjudul "ADAGIUM"

Baca juga: Wanita dan kekuatan hidupkan cerita lewat sinema

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022