Jakarta (ANTARA) - Sepuluh pemain Borneo FC berhasil menaklukkan Bali United dengan skor 3-1 pada pekan ke-15 Liga 1 Indonesia di Stadion Sultan Agung, Bantul, Kamis sore.

Pada pertandingan ini Borneo FC harus bermain dengan 10 orang sejak awal babak kedua setelah Muhammad Sihran mendapatkan kartu kuning kedua, demikian catatan Liga Indonesia.

Borneo FC mampu mengunci kemenangan berkat gol dari Muhammad Andy Harjito, Agung Prasetyo serta eksekusi penalti Jonathan Bustos, sedangkan Bali United sempat membalas melalui Lerby Eliandry.

Kemenangan ini mengantarkan Borneo FC berada di puncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan torehan 30 poin dari 15 pertandingan, unggul selisih gol dari Bali United di peringkat kedua.

Pada babak pertama kedua tim bermain terbuka dan saling memberikan ancaman, akan tetapi Borneo FC yang lebih dulu memiliki peluang emas melalui sundulan Javlon Guseynov, akan tetapi bola masih dapat ditangkap kiper Bali United Muhammad Ridho.

Selama berjalannya babak pertama, kedua tim tidak terlalu menekan lawannya masing-masing dan cenderung bermain hati-hati, hingga turun minum, skor sama kuat tanpa gol tetap bertahan.

Baca juga: Teco taruh perhatian khusus kepada Stefano Lilipaly

Pada babak kedua, Borneo FC mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu, akan tetapi harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-47 setelah penyerang sayap Muhammad Sihran mendapatkan kartu kuning kedua di laga ini.

Meski begitu, Borneo FC tetap bermain menyerang dan mampu unggul lebih dulu pada menit ke-53 melalui tendangan dari luar kotak penalti Andy Harjito sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Tersengat oleh gol Borneo FC, Bali United berbalik menekan dan mampu menyamakan kedudukan pada menit 57 melalui sundulan Lerby Eliandy memanfaatkan bola pantulan di depan gawang Angga Saputro dan membuat skor kembali sama kuat 1-1.

Borneo FC tidak tinggal diam dan mampu mengubah skor menjadi 2-1 pada menit ke-62 setelah umpan sepak pojok Stefano Lilipaly dimanfaatkan dengan baik oleh tandukkan Agung Prasetyo yang membobol gawang Bali United.

Tertinggal satu gol, Bali United lebih sering menekan lini pertahanan Borneo FC, akan tetapi disiplinnya barisan belakang skuad asuhan Andre Gaspar membuat upaya Serdadu Tridatu belum membuahkan hasil.

Pada waktu tambahan babak kedua Borneo FC mendapatkan peluang emas untuk menambah keunggulan setelah Kei Hirose dilanggar oleh Jajang Mulyana di kotak terlarang.

Gelandang asal Argentina Jonathan Bustos yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya dengan mengecoh Ridho sehingga pertandingan usai dengan kemenangan 3-1 Borneo FC atas Bali United.

Baca juga: Medina soroti penyelesaian akhir Persis Solo
Baca juga: Barito Putera bidik kemenangan pada laga selanjutnya
Baca juga: Roca akui Arema FC beruntung bisa kalahkan Persikabo 1973

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022