Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI), Zulfydar Zaidar Mochtar, bakal memperjuangkan bola tangan agar dipertandingkan di Pekan Olahraga Mahasiswa (Pomnas) XVIII/2023 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dia juga mengapresiasi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Antar-Mahasiswa Bola Tangan Indoor di GOR UNJ Kampus B Jakarta Timur, Rabu (14/12) hingga Jumat (16/12). Dia mengatakan ajang ini bisa menjadi pemanasan jelang Pomnas 2023.

"Dengan bergulirnya Kejurnas, PB ABTI berharap agar Bapomi Pusat (Badan Pembina Olahraga Mahasiswa) mempertandingkan cabang bola tangan di Kalimantan Selatan, " kata Zulfydar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Zulfydar mengatakan cabang bola tangan sudah dipertandingkan ekshibisi saat DKI Jakarta menjadi tuan rumah tahun 2019. Namun saat Pomnas XVII/2022 di Padang, Sumatra Barat tidak dipertandingkan.

Menurutnya, animo mahasiswa cukup besar agar bola tangan dipertandingkan di Pomnas XVIII di Banjarmasin pada tahun depan. "Pembinaan atlet berkesinambungan, mulai tingkat pelajar, mahasiswa hingga menuju jenjang internasional baik lewat PON (Pekan Olahraga Nasional), maupun Pomnas, " ujar Zulfydar.

Baca juga: PB ABTI dapat dukungan dari UNJ dalam pembinaan atlet bola tangan

Para atlet nasional yang dipersiapkan tampil di Kejuaraan Asia Beach Handball dan Dunia Beach Handball tahun depan juga sebagian besar datang dari mahasiswa. Dengan begitu pembinaan berkesinambungan harus dilakukan.

Pada kesempatan yang sama Ketua BEM Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Tanjung Winardi mengatakan Kejurnas Bola Tangan Antar-Mahasiswa berjalan sesuai harapan.

Melalui Kejurnas tersebut, kata Tanjung, mahasiswa yang mempunyai keahlian bola tangan dapat mencurahkan prestasi yang dimiliki. Dengan harapan, nantinya muncul atlet bola tangan andal dari dunia kemahasiswaan.

"Adapun peserta yang ambil bagian di Kejurnas kali ini, mencapai 132 mahasiswa yang datang dari STKIP Pasundan, STKIP Indramayu, UPI Bandung, UNJ A dan UNJ B. Sedangkan di putri peserta yang ambil bagian datang dari STKIP Pasundan, UPI Bandung, dan UNJ Jakarta, " kata Tanjung Winardi.

Baca juga: PB ABTI jadikan Kejurnas Bola Tangan 2022 ajang seleksi timnas
Baca juga: PB ABTI berharap bantuan pemerintah untuk pelatnas bola tangan pantai

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022