Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB APTI) membuka babak kualifikasi PON XXI cabang olahraga bola tangan yang berlangsung mulai 27 Agustus hingga 4 September di GOR Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Jakarta, Minggu.

“Melalui babak kualifikasi PON XXI yang digelar mulai 27 Agustus hingga 4 September 2023 diharapkan dapat menghasilkan prestasi atlet maksimal. Dengan begitu, tim yang lolos tampil di PON XXI Aceh 2024 mampu berkiprah membela daerahnya masing masing dan para pemain yang tampil dapat dipromosikan ke berbagai ajang internasional,” kata Ketua Umum PB ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar lewat keterangan resmi, Minggu.

Menurutnya, selain menggelar Babak Kualifikasi PON, PB ABTI siap menyelenggarakan Porwil bola tangan indoor yang akan diikuti tujuh provinsi pada November 2023. Dengan begitu diharapkan persaingan tim yang akan berlaga di PON XXI tahun 2024 bertambah ketat dan menghasilkan pemain dan tim yang handal.

Dalam babak kualifikasi kali ini akan diambil enam tim putra-putri menuju PON XXI Aceh 2024. Sedang di Porwil akan dijaring dua tim lagi.

Dengan begitu jatah tim lewat babak kualifikasi dan Porwil berjumlah delapan daerah, sedang dua lagi ditambah dari tuan rumah PON yaitu Aceh dan Sumut.

Baca juga: Dua pelari nasional lolos kualifikasi PON 2024 di Bali

Zulfydar juga mengatakan loncatan prestasi di kalangan mahasiswa harus diperhatikan. Atas pertimbangan itu pula PB ABTI akan melakukan pertemuan dengan Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) agar cabang bola tangan dapat dipertandingkan di POM ASEAN di Surabaya 2024 baik indoor maupun pantai.

Semua itu untuk memberikan loncatan prestasi bagi atlet bola tangan yang batal tampil di World Beach Games di Bali dan Asian Games di China. Karena selama ini PB ABTI sudah mempersiapkan atletnya dalam Pelatnas, namun batal tampil.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua Umum KONI Pusat Suwarno memberikan acungan jempol dalam babak kualifikasi yang dihadiri tim dari 15 provinsi.  Tim yang akan tampil di Indoor terdiri 13 putra dan 11 putri. Sedang untuk bola tangan pasir sebanyak 10 tim.

“Kami berharap semua tim tampil optimal untuk meraih tiket menuju PON XXI tahun 2024 di Aceh. Dengan harapan, kedepannya pemain yang tampil bisa dijaring menuju SEA Games di Thailand tahun 2025 nantinya, ” kata Suwarno.

Baca juga: Menpora ajak atlet Muaythai tingkatkan target jadi juara Internasional

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023