Jakarta (ANTARA) - Tim putra Jawa Timur akhirnya memastikan lolos ke semifinal kejurnas bola voli indoor 2023 atau babak kualifikasi PON XXI/2024 usai pada laga terakhirnya di Pul A menang atas Yogyakarta, 3-0 (25-22, 25-12, 25-22) di GOR Bulungan Jaksel, Kamis.

Tim besutan Lardi itu memetik dua kemenangan di Pul A yang juga sama dengan jumlah kemenangan dari Jawa Barat dan Jawa Tengah. Rasio set Jabar dan Jatim sama yakni 1,750. Namun, Jabar lebih baik rasio poin dari Jatim. Rasio poin Jawa Barat 1,117 dan Jawa Timur 1,038.

Sedangkan dengan tim Jateng, Jatim lebih unggul rasio setnya, di mana Jateng hanya memiliki rasio set 1,400.

Kemenangan atas DIY itu, disambut rasa puas pelatih Jawa Timur, Lardi karena timnya memang membutuhkan kemenangan tiga set langsung.

"Saya bersyukur bisa menang dari DIY dengan skor 3-0. Kalau kita menang 3-1 berat, bisa kalah hitungan dengan Jateng," kata Lardi.

Di posisi kedua ini, Jatim akan bertemu dengan juara Pul B, yang ditempati tuan rumah DKI Jakarta di babak semifinal, Sabtu. Sedangkan juara bertahan, Jabar akan menghadapi runner-up Pul B, Bali.

Pada perebutan juara Pul B, Kamis malam, tuan rumah DKI unggul atas Bali dengan kemenangan tiga set langsung, 3-0 (25-20, 31-29, 25-23).

Di sektor putri, juara bertahan Jabar akan menghadapi D.I Yogyakarta, dan tuan rumah DKI Jakarta akan menghadapi Jatim. Laga semifinal putri akan mulai jam 17.00 WIB.

Pada laga sebelumnya, akan berlangsung perebutan peringkat 5-8 putra. D.I Yogyakarta akan jumpa Banten, dan Jateng berhadapan dengan Nusa Tenggara Barat. Tim yang kalah yang menempati peringkat ke7-8 dipastikan gagal lolos ke PON XXI/Aceh-Sumut. Karena hanya enam tim yang lolos ke PON XXI.

Dilansir dari keterangan resmi, PP PBVSI, berikut jadwal lengkap kejurnas voli indoor pada Jumat:

Jam 09.00 WIB: D.I Yogyakarta-Banten (pa)
Jam 15.00 WIB: Jateng-NTB (pa)
Jam 17.00 WIB: Jabar-DIY (pi) semifinal
Jam 19.00 WIB: DKI-Jatim (pi) semifinal.

Baca juga: Tim putra dan putri DKI Jakarta amankan tiket semifinal Kejurnas Voli
Baca juga: Duel tim putri Jabar vs Jateng jadi pembuka kejurnas voli
 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023